eprintid: 477 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/77 datestamp: 2022-02-07 11:26:02 lastmod: 2022-02-07 11:26:02 status_changed: 2022-02-07 11:26:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAULANA, HADI creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Desriyati, Welly creators_id: NIM 1455201043 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN.1029018902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Desriyati, Welly contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1029018902 title: GAME PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Android, Animasi, Edukasi, Media abstract: Edukasi game merupakan implementasi bidang komputer yang perkembangannya sudah sangat pesat. Edukasi game juga merupakan bentuk aplikasi yang edukatif yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dimana prosesnya dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain. Informasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk buku terkadang membuat seseorang kurang tertarik, karena media pembelajaran yang ditampilkan oleh buku hanya berupa teks dan pada tampilan isi buku yang tidak dapat divisualisaikan sehingga tampilannya membosankan. Pada pertolongan pertama pada kecelakan merupakan edukasi game yang dibangun untuk proses pembelajaran pada siswa. Edukasi game ini dibangun agar siswa dapat mengetahui bagaimana cara menangani Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam bentuk game yang diisi dengan video animasi 2D . Pada penelitian ini game dirancang untuk dimaiakan single player saja dan dibangun menggunakan aplikasi adobe flash Cs6 dan didesain menggunakan storyboard, storyline dan bagan alir Unified Modeling Language (UML). edukasi game yang dibangun dapat dijalankan pada smartphone android. Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa dengan edukasi game yang dapat mempermudah proses belajar juga dapat membantu setaip guru memberi pengetahuan tentang cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. date: 2021-06-14 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Andi, 2015, “Membuat Company Profile Dengan Adobe Flash CS 6”, Wahana Komputer, Semarang Agustina, C. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 1(1), 1-8. Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121. Binanto, B. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139 Hamka, W. A., & Gani, A. (2016). IJIS Indonesian Journal on Information System. 1(2), 78–88. Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe After Effects Dan Photoshop. Jurnal Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, 2(2), 105-111. Munawar, 2018, "ANALISIS PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML" Nugroho, P. S., Sofyan, A. F., & Kunci, K. (2011). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Dasar-Dasar Pembuatan Animasi 2d Menggunakan Macromedia Flash Mx 2004. 12(4), 2–5. Maolidah, H., Purnia, D. S., & Karsono, K. (2016). PEMANFAATAN APLIKASI SWISHMAX UNTUK RANCANG BANGUN APLIKASI MATERI SANDI-SANDI DALAM PRAMUKA. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1). Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. 1(1), 46–58. Sastrawan, P. V., Arthana, I. K. R., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan SOP Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha Berbasis Animasi. 6(1), 114–123. Suryadi, A. (2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8-13. Tresnawati, D., & Maulana, I. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Android. 14(2), 358–367. citation: MAULANA, HADI and Yuliati, Tri and Desriyati, Welly (2021) GAME PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/477/1/BAB%201.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/477/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx