eprintid: 473 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/73 datestamp: 2022-02-03 04:17:40 lastmod: 2022-02-03 04:17:40 status_changed: 2022-02-03 04:17:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MULYANI, INTRI creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM. 1455201050 creators_id: NIDN 1016118705 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1016118705 contributors_id: NIDN 1022028103 title: ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MINIMARKET HARI-HARI MENGGUNAKAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Kepuasan Pelanggan, CSI, IPA abstract: Minimarket HARI-HARI merupakan salah satu usaha ritel yang mempunyai lokasi yang strategis yaitu di jalan Sultan Syarif Kasim-Kota Dumai, yang seharusnya dapat menjadikan minimarket HARI-HARI sebagai tempat berbelanja yang cukup diminati oleh konsumen. Namun dengan adanya persaingan yang terjadi antar para penjual produk atau ritel yang menimbulkan sebuah kompetisi akan strategi yang tepat untuk meraih pangsa pasar terbesar. Maka, pihak manajemen minimarket HARI-HARI juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen, hal ini patut diperhatikan karena saat ini konsumen tidak hanya berpedoman pada harga yang murah saja, tetapi juga pada kualitas pelayanan, lokasi usaha, kualitas produk yang ditawarkan, serta kerapian tata letak produk yang dilakukan dan lain sebagainya. Faktor-faktor seperti inilah yang dapat menyebabkan konsumen dapat beralih ke tempat-tempat perbelanjaan lain yang mempunyai daya tarik lebih dibandingkan minimarket HARI-HARI. Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kepuasan pelanggan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan costumer satisfaction index (CSI) berdasarkan kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga produk. Dimana CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan atribut – atribut produk / jasa, sedangkan IPA bertujuan untuk melihat atribut-atribut yang perlu untuk dilakukannya perbaikan (Action) dan juga untuk melihat atribut-atribut yang perlu dipertahankan oleh pihak perusahaan (Hold). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil pencarian CSI untuk kepuasan pelanggan berada pada tingkat Puas sebesar 0.77, serta dari proses IPA diperoleh atribut yang termasuk kedalam kategori Hold = 13 atribut dan Action = 10 atribut. date: 2021-02-09 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anhar, 2010, Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak, Mediakita, Jakarta Ardhana, O., 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan LokasicTerhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Universitas Diponegoro, Semarang Aritonang, R., 2015, Kepuasan Pelanggan dan Pengukuran Menggunakan SPSS, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta A.S., R., Shalahuddin, M., 2011, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientassi Objek), Modula, Bandung Fahriah, S., 2016, Penerapan Algoritma ID3 Untuk Prediksi Minat Studi Mahasiswa Teknik Informatika Pada Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang Indrajani, 2011, Basis Data Dalam All In One, Elex Media Komputindo, Jakarta Indrajaya, D., 2018, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada UKM Gallery, Jurnal IKRA-ITH Teknologi 2018, ISSN : 2580-4308 Muhammad, H., 2009, Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Bisnis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Magister Manajemen, Semarang Patimah, S., Priyono, B., S., Rasyid, W., 2016, Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Usaha Benih Padi Cigeulis Di Balai Induk Padi Dan Palawija Di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, AGRISEP 2019, ISSN : 1412-8837 Raharjo, B., 2012, Modul Pemrograman WEB (HTML, PHP & MySql), Modula, Bandung Siyamto, Y., 2017, Kualitas pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Kepuasan Nasabah, JIEI 2017, ISSN : 2477-6157 Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, CV Alfabeta, Bandung Wahyudin, Suryanty, M., Badrudin, R., 2019, Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Pasar Modern Di Kota Bengkulu, AGRISEP 2019, ISSN : 2579-9959 citation: MULYANI, INTRI and Nugraha, Nur Budi and Sellyana, Ari (2021) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MINIMARKET HARI-HARI MENGGUNAKAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/473/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/473/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx