eprintid: 427 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/27 datestamp: 2021-09-18 04:26:35 lastmod: 2021-10-21 08:18:22 status_changed: 2021-09-18 04:26:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EKA PERTIWI, NURHAJ creators_name: Melliana, Melliana creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_id: NIM 1626201051 creators_id: NIDN 1021017201 creators_id: NIDN1021016401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Melliana, Melliana contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_id: NIDN 1021017201 contributors_id: NIDN 1021016401 title: TINGKAT BERTH OCCUPANCY RATIO (BOR) PADA JETTY 1 DAN 3 di UNIT MARINE DAN OIL MOVEMENT PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Berth Occupancy Ratio, Root Cause Analisys, Fishbone abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kepadatan jetty dan menemukan solusi penyelesaian permasalahan terhadap occupancy yang terjadi di jetty 1 dan 3 di PT Pertamina RU II Dumai. Penelitian ini dilakukan di perusahaan yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan metode diagram fishbone dan Cause Root Analysis yang terdiri dari flowchart, kuesioner, root cause analysis, dan diagram fishbone. Hasil Pembahasan dan analisis data menunjukkan fakor penyebab tingginya penggunaan jetty 1 dan 5 yang melebihi standar IPT dengan rata rata penggunaan jetty sebesar 75% setiap bulannya selama priode Januari 2019-Desember 2019. Berdasarkan dari table Root Cause Analisys dan diagram fishbone dapat disimpulkan faktor penyebab tingginya tingkat Berth Occupancy Jetty (BOR) adalah kerusakan beberapa kontruksi jetty 2 dan 5 karena memang sudah tidak layak pakai dengan resiko yang sangat besar, slow pumping rate yang dapat memperlama proses bongkar muat yang tidak sesuai dengan kesepakatan sarana dan fasilitas maupun rate pompa, kerusakan pada hose, pompa, dll, produk off spec kapal menunggu, pandu kapal datang terlambat, peralatan penunjang dalam pengoperasian loading/unloading yang kurang, timbulnya masalah pada loading arm saat loading seperti venting loading arm bocor dikarenakan press yang tinggi sehingga harus menurunkan rate, dan tenaga kerja tidak available, pekerjaan tidak dilakukan sesuai dengan IPT yang sudah ditetapkan dan keterbatasan man power. date: 2020-08-12 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Agustina, Y., 2017, Model Penjadwalan Dan Pola Operasi Armada Kapal Pendukung Aktivitas Anjungan Minyak Lepas Pantai: Studi Kasus Area West Madura Offshore, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Alhamda, P., Mustakim, A, S.T., M.T., M.BA., & Wuryaningrum, P. S.T., M.T., Optimalisasi Sistem Pengiriman Products Oil Untuk Wilayah Kepulauan: Sudi Kasus Nusa Tenggara Barat, Jurusan Transportasi Laut, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Djamal, N., Maulana, H.E., 2018, Analisis Antrian Kapal Di Dermaga 5 Pelabuhan Banten, Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Serang Raya, p-ISSN 2407-781x, Vol 4 No 1 Juni 2018, 33-37 Gaspersz, V. dan A. Fontana. 2011. Integrated Management Problem Solving Panduan bagi Praktisi Bisnis dan Industri. Penerbit Vinchristo Publication. Irwan, H., Yuniral, 2016, Optimasi Penjadwalan Produksi Dengan Metode Transportasi (Optimization Of Production Scheduling Using Transportation Method), Program Studi Teknik Industri, Universitas Riau Kepulauan Batam, Batam, ISSN Cetak: 2301-7244, Vol.4 No.2 79-89 Desember 2016 Kartohadjono, S., Aldrin, E., 2019, Optimasi Logistik LNG Skala Kecil untuk Menurunkan Biaya Pokok Produksi Pembangkit Listrik Di Bangka, Belitung dan Pontianak, Departemen Teknik Kimia, Universitas Indonesia, ISSN 2085-4218, SENIATI 2019 – Institut Teknologi Nasional Malang Kaplan, R.S. dan D.P. Norton. 1996. The Balanced Scorecard: Translating Strategy into Action. Harvard Business Press. Lisva, A., 2017, Pengembangan Model Simulasi Diskrit Untuk Menurunkan Demurrage Cost Di Pelabuhan Khusus Minyak Dan Gas, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Putri, R,O., Wibawa, B,M., & Laksamana, T., 2017, Identifikasi Permasalahan Komplain pada ECommerce Menggunakan Metode Fishbone, Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ISSN: 2337-3520 (2301-928X Print, JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 6, No. 1, (2017) Rizal, M,H., 2015, Simulasi Proses Pemuatan Kapal Di Pelabuhan PT. WINA Gresik Dengan Tujuan Mengurangi Demurrage, Program Magister Manajemen Teknologi, Bidang Keahlian Manajemen Industri, Program Pascasarjana Institut, Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Safrianda, M., Rinaldi, & Fatnanta, F., 2016, Analisis Penyebab Keterlambatan Bongkar Muat Barang Akibat Faktor Peralatan (Studi Kasus : Dermaga A Pelabuhan Dumai), Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Riau, Pekanbaru, Jom FTEKNIK Volume 3 No.2 Oktober 2016 Saleh, M., Analisis Terjadinya Keterlambatan Penyandaran Kapal Tanker Pt. Pertamina Di Pelabuhan Tanjung Priok, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Siring, M,A., 2017, Simulasi Optimalisasi Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry Dengan Metode Monte Carlo (Studi Kasus di Pelabuhan Internasional Sekupang Batam), Fakultas Teknik, Program Study Informatika, Universitas Putera Batam, pISSN:2477-863x eISSN:2528-5114, Vol.2 No.2 Juli-Desember 2017 Scarvada, A.J., Tatiana Bouzdine-Chameeva, Susan Meyer Goldstein, Julie M. Hays, Arthur V. Hill. 2004. A Review of the Causal Mapping Practice and Research Literature. Second World Conference on POM and 15th Annual POM Conference, Cancun, Mexico, April 30 – May 3, 2004. Taufiq, M.R., Mutmainah, N., & Tamara, A.K., 2019, Pengaruh Jadwal Sandar Dan Keberangkatan Kapal Terhadap Kualitas Pelayanan Kapal, ISSN 2407-635X, Vol. 5 No. 3 Mei 2019 Uguy, C.Y., Sendouw, T. K., & Rumayar, A.L.E., 2015, Evaluasi Kinerja Operasional Pelabuhan Manado, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sam Ratulangi, TEKNO Vol.13/No.64/Desember 2015 Wance, M., 2018, Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pelayanan P.T Asdp Pelabuhan Bastiong Tahun 2017), Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Vol. 3 No. 2 Januari-Juni 2018 Widyarti, D,A., Rinaldi, Fatnanta, F., 2017, Analisis Berth Occupancy Ratio (Bor) Untuk Memenuhi Standatr Ultilitas Dirjen Perhubungan Laut Pada Dermaga B Curah Cair Pelabuhan Dumai, Fakultas Teknik Universitas Riau, Jom FTEKNIK Volume 4 No. 2 Oktober 2017 Yudistira, A., Djamal, E,C., & Yuniarti, R., 2017, Optimalisasi Penjadwalan Audit di Inspektorat Daerah Kabupaten Cianjur Menggunakan Algoritma Genetika, Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, ISSN: 1907 – 5022, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) 2017 citation: EKA PERTIWI, NURHAJ and Melliana, Melliana and Yusrizal, Yusrizal (2020) TINGKAT BERTH OCCUPANCY RATIO (BOR) PADA JETTY 1 DAN 3 di UNIT MARINE DAN OIL MOVEMENT PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/427/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/427/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx