eprintid: 424 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/24 datestamp: 2021-09-16 11:14:07 lastmod: 2021-10-21 08:09:33 status_changed: 2021-09-16 11:14:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: REZA N, FAHMI creators_name: Melliana, Melliana creators_name: Arif, Muhammad creators_id: NIM 1526201203 creators_id: NIDN 1021017201 creators_id: NIDN1005127601 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Melliana, Melliana contributors_name: Arif, Muhammad contributors_id: NIDN 1021017201 contributors_id: NIDN 1005127601 title: STRATEGI PENGEMBANGAN UKM ROTI AA BOBO DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Strategi, Pengembangan, UKM, Matriks Perumusan Strategi, AHP abstract: Penelitian yang akan dilakukan oleh penulis adalah penelitian terhadap sebuah UKM dengan merek dagang Roti AA Bobo, yang telah berdiri sejak 14 juli 1995 di Kota Dumai, Provinsi Riau.Namun perkembangan usahanya belumbaik, bahkan terancam tutup.Banyak kendala yang dihadapi UKM Roti AA Bobo seperti promosi produk yang kurang efektif, adopsi teknologi yang lambat, dan keterbatasanmodal sehingga UKM sulit berkembang.Kondisi tersebut sangat memprihatinkan mengingat pangsa pasar yang masih terbuka danlamanya perusahaan telah berdiri, sehinggaperlu dirancang strategi yang tepat demi mengetahui strategi pengembangan UKM Roti AA Bobo di Kota Dumai menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process) dan matriks perumusan strategi. Penelitian pada skripsi ini dimulai dengan wawancara pra penelitian terhadap pimpinan UKM Roti AA Bobo untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal UKM Roti AA Bobo, kemudian hasil identifikasi dijadikan input kuesiner pada tahap input menggunakan comparative judgement, perhitungan hasil kuesioner menggunakan Expert Choice V11 yang bertujuan untuk mendapatkan nilai bobot matriks IFE dan matriks EFE, dari hasil input yang didapatkan kemudian dilakukan analisis matriks IE dan SWOT pada tahap pencocokan. Hasil kuesioner comparative judgement terhadap kriteria SWOT dan alternatif IE yang diolah menggunakan Expert Choice V11 mendapatkan hasil alternatif strategi IE terpilih adalah pengembangan produk yang mendapatkan bobot prioritas tertinggi sebesar 0.635, 2 kriteria SWOT yang mendapatkan bobot tertinggi secara berturut adalah“Memilih alternatif supplier bahan baku kemasan dan membagi pesanan antar supplier bahan baku kemasan” mendapatkan bobot sebesar 0.224, “Menambah variant beraroma pada produk Roti” mendapatkan bobot sebesar 0.214. date: 2020-08-10 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Amalia, A., 2016, Perencanaan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT pada Perusahaan Popsy Tubby. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. David, R.F., Manajemen Strategi Konsep. Edisi Ke-12. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2013. Faisol., Ahmad, M,. 2014, Komparasi Fuzzy AHP dengan AHP Pada Sistem Pendukung Keputusan Investasi Properti. Jurnal EECCIS. Farhan, Q., 2017, Analisis Pemilihan Supplier Telur Tetas Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process di Ukm Unggas Pertiwi, Vol XVIII No.1, September 2017, ISSN : 1693-5128. Isniati, M., Rizki, F., Manajemen Strategik, Yogyakarta: Penerbit Andi 2019. Jesika., 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengauhi Daya Saing UKM Berorientasi Ekspor di DKI Jakarta, Ekonomi Menejemen Universitas Guna Darma. Meilani, D., Febrinaldo, R., 2016, Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Produk Olahan Coklat ISSN : 2085-9902. Ramdhansyah., Sondang, S., 2013, Pengembangan Model Pendanaan UMKM Berdasarkan Persepsi UMKM. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol.5. Riduwan., 2010, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta. Setiawan, A., Rukmi, H.S., Bakar, A., Strategi Pengembangan UKM Pengolahan Kulit Sapi di Kabupaten Garut Menggunakan Matrik Perumusan Strategi ISSN: 2338-5081, Vol 3, No 3, Juli 2015. Setiyadi, S., Amar, K., Aji, T., 2011, Penentuan Strategi Sustainability Usaha Pada Ukm Kuliner Menggunakan Metode SWOT dan AHP. Supriatna, S., Aminah, M., 2014, Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey Bandung Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol V, No 2, Agustus 2014. citation: REZA N, FAHMI and Melliana, Melliana and Arif, Muhammad (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM ROTI AA BOBO DI KOTA DUMAI MENGGUNAKAN AHP DAN MATRIKS PERUMUSAN STRATEGI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/424/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/424/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx