eprintid: 413 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/04/13 datestamp: 2021-09-04 05:07:29 lastmod: 2021-10-29 10:57:18 status_changed: 2021-09-04 05:07:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ILHAM, MUHAMMAD creators_name: Fitra, Fitra creators_name: Mesra, Trisna creators_id: NIM.1026201075 creators_id: NIDN 1010028204 creators_id: NIDN1012067401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitra, Fitra contributors_name: Mesra, Trisna contributors_id: NIDN 1010028204 contributors_id: NIDN 1012067401 title: PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS KECAMATAN DUMAI BARAT KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Kepuasan Pasien, Puskemas Dumai Barat dan Puskesmas Purnama. abstract: Puskesmas merupakan institusi pemberi pelayanan kesehatan harus mampu memberikan kinerja pegawai yang bermutu. kepuasan pada tiap diri pasien dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan pasien dapat terpenuhi, namun bila tidak sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien, maka yang dirasakan Pasien adalah ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pasien merasa memuaskan terhadap Puskesmas Kecamatan Dumai Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Servqual dengan 25 variabel dimana didalamnya terdapat 5 dimensi, dengan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dengan menghitung hasil penyebaran 100 kuesioner untuk Puskesmas Dumai Barat dan 100 kuesioner untuk Puskesmas Purnama yang di isi oleh Pasien. Hasil validalitas kenyataan dan harapan dinyatakan valid dan hasil reliabilitas kenyataan dan harapan dinyatakan reliabel. Berdasarkan nilai servqual yang diperoleh Puskesmas Purnama lebih tinggi dibandingkan nilai servqual yang diperoleh Puskesmas Dumai Barat untuk seluruh dimensi. Dimensi Tangibles untuk Puskesmas Dumai barat sebesar -0.02, dan untuk Puskesmas Purnama sebesar 0.01. Dimensi Reliability untuk Puskesmas Dumai Barat sebesar -0.08, dan Puskesmas Purnama sebesar 0.07. Dimensi Responsiveness untuk Puskesmas Dumai Barat sebesar -0.13, dan untuk Puskesmas Purnama sebesar 0.1. Dimensi Assurance untuk Puskesmas Dumai Barat sebesar 0.01, dan untuk Puskesmas Purnama sebesar 0.08. Dimensi Emphaty untuk Puskesmas Dumai Barat sebesar -0.2, dan untuk Puskesmas Purnama sebesar 0.12. Berdasarkan nilai servqual disimpulkan bahwa kinerja pegawai Puskesmas Purnama dibandingkan kinerja pegawai Puskemas Dumai Barat. Pasien merasa tidak puas terhadap Puskesmas Dumai Barat untuk dimensi Tangible adalah kurangnya fasilitas fisik layanan yang ada di Puskesmas. Sedangkan dimensi Reliability, pegawai lambat dalam tindakan yang cepat dan tepat dalam pemeriksaan dan pengobatan. Dari Dimensi Responsiveness adalah kurangnnya reaksi pegawai dalam menanggapi keluhan pasien. Dan pegawai Puskesmas tidak memberikan perhatian yang serius dalam melayani pasien untuk dimensi Empathy date: 2015-10-08 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Agusno H, 2014., Pengaruh kualitas jasa pengkreditan terhadap loyalitas konsumen pada PT. BFI Finance. Tbk Dumai. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Hasan, M. I, 2001., Pokok-pokok materi Statistik 2, (Statistik Inferensif) Edisi 2, Bina Aksara, Jakarta. Hidayat R, 2012, Penentuan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai pada PT. METITO Indonesia. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Jonathan S, 2012., IBM SPSS, Advanced Statistic, ANDI, Yogyakarta. Nofrialdi, 2014., Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSUD Kota Dumai, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Santoso, S, 2008., Panduan Lengkap Menguasai SPSS 16, Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta Susanto M. Adi Yatma N, 2012, Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. ISS Indonesia. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, 2015., Panduan Penyusunan Penulisan Laporan Kerja Praktek dan Tugas Akhir, edisi ke V Dumai. Tjiptono, F, Ph.d & Chandra, G., 2005, Service, Quality & Satisfaction, edisi: 3 Yogyakarta. Widoyoko, E Putro, Prof. Dr., 2013, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pustaka Pelajar, Yogyakarta citation: ILHAM, MUHAMMAD and Fitra, Fitra and Mesra, Trisna (2015) PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS KECAMATAN DUMAI BARAT KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/413/2/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/413/1/DAFTAR%20PUSTAKA.docx