eprintid: 369 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/03/69 datestamp: 2021-06-30 10:58:48 lastmod: 2021-11-03 10:07:00 status_changed: 2021-06-30 10:58:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULIANA, EFNI creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_name: Lukman, Lukman creators_id: NIM. 07207053 creators_id: NIDN1021016401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_name: Lukman, Lukman contributors_id: NIDN1021016401 title: ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PELANGGAN DI BENING CAR WASH KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA full_text_status: restricted keywords: Antrian, FCFS, waktu tiba dan fasilitas pelayanan abstract: FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Served) adalah format disiplin dibidang jasa pelayanan untuk member servis pertama kepelanggan atau costumer yang dating terlebih dulu. Dari hasil penelitian waktu tunggu maksimal yang dapat diterima oleh pelanggan adalah 60 menit. Analisis sistem antrian cuci mobil pada Bening Car Wash setelah dihitung, diketahui bahwa Kecepatan Kedatangan Rata-rata 0,9875 mobil/jam atau 1 mobil/jam. Sedangkan Kecepatan Pelayanan (µ) 1,028125 mobil/jam atau 1 mobil/jam. Sistem antrian cuci mobil lebih efisien dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan jika waktu tunggu pelanggan untuk memperoleh pelayanan lebih singkat. Antrian pada jasa pelayanan pencucian mobil diketahui dari tingkat kedatangan pelanggan.Sementara waktu yang dibandingkan oleh jasa pelayanan adalah waktu kedatangan yang lebih panjang. Untuk mengatasi dengan cara menambahkan fasilitas pelayanan, untuk jangka pendek berarti bukan perwakilan solusi optimal karena akan terkait dengan penambahan tenaga kerja dan modal yang besar dari medium dan fasilitas pelayanan. date: 2011-12-08 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif “Teori dan Aplikasi”, Raja Grafindo Persada, Jakarta. Pangestu Subagyo, SE.,MBA, 2000. “Dasar-dasar Operations Research”, BPFE, Yoyakarta. Riduan, 2003. “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian”, Alfabeta, Bandung. Surya, Sumadi, 2005. ”Metodologi Penelitian”. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, 2011. “Buku Panduan Pelaksanaan Kerja Praktek dan Tugas Akhir Mahasiswa STT Dumai”, Dumai. Thomas J. Kakiay, 2004. “Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata”, ANDI, Yogyakarta. http://dspace.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/842 (20 September 2011, pukul 16.10 WIB) http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=sistem%20antrian&source=web&cd=9&ved=0CFYQFjAI&url=http%3A%2F%2Fmanajemenoperasional.com%2Fkarakteristik-sistem-antrian%2F&ei=Y-AOT_ODGsTirAe1rrDmAQ&usg=AFQjCNEno3EISDPPgoqcwA_a7yMOkA-OAw&cad=rja (24 September 2011, pukul 09.00 WIB). http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/ penentuan_ukuran_ sampel_memakai_rumus_slovin.pdf (12 Agustus, pukul 20.35 WIB) http://www.scribd.com/doc/56773036/3/Insidental-Sampling-IS-3-Insidental-Sampling-IS (12 Januari 2012, pukul 13.10 WIB ) Sutanto.staf.uns.ac.id/files/2009/03/bab 10a.pdf (11 Agustus 20011, pukul 09.00 WIB). www.sribd.com/doa/9176444/model-teori-antrian (11 Agustus 2011, pukul 08.46 WIB). citation: YULIANA, EFNI and Yusrizal, Yusrizal and Lukman, Lukman (2011) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN PELANGGAN DI BENING CAR WASH KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/369/1/Hal%201%20Bab%201.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/369/2/DAFTARPUSTAKA%20.doc