eprintid: 362 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/03/62 datestamp: 2021-06-25 11:08:42 lastmod: 2021-11-04 04:03:33 status_changed: 2021-06-25 11:08:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ISMAIL, ISMAIL creators_name: Ramli, Wan creators_name: Putra, Adil creators_id: NIM 07203039 creators_id: NIDN 1002047201 creators_id: NIDN 1030117001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Ramli, Wan contributors_name: Putra, Adil contributors_id: NIDN 1002047201 contributors_id: NIDN 1030117001 title: EVALUASI PERENCANAAN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN PUTRI TUJUH DENGAN METODE BINA MARGA ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: Metode Bina Marga, Evaluasi Perencanaan perkerasan Rigid, Tebal Plat abstract: Kota Dumai sebagai pusat pelayanan perekonomian kawasan industri Timur dimana hampir semua jalan yang ada di kota ini menggunakan jenis perkerasan lentur (flexible pavement) yang beberapa diantaranya mengalami kerusakan pada beberapa bagian jalan, hal ini akibat beban lalu lintas yang makin tinggi sehingga tidak mampu memberikan pelayanan optimum kepada pengguna jalan. Kelemahan mendasar dari jalan yang menggunakan perkerasan lentur adalah keterbatasannya dalam menerima beban lalu lintas, hal ini diakibatkan oleh kecilnya luasan penyebaran bidang tegangan yang diteruskan sampai ketanah dasar. Tanah dasar mempunyai sumbangan yang relatif besar dalam memikul beban lalu lintas, bahkan pada daerah tikungan kondisi ini di perparah dengan adanya peralihan kecepatan kendaraan, dan pengereman yang tiba-tiba yang mengakibatkan terjadinya beberapa kerusakan pada jalan tersebut. Potensi kerusakan yang dapat terjadi pada perkerasan lentur antara lain cracking (retak), Jalan Putri Tujuh selain merupakan jalan alternatif utama bagi kendaraan umum juga merupakan jalur alternatif bagi kendaraan-kendaraan yang mengangkut minyak sawit mentah (CPO) yang beratnya diatas rata-rata. Jalan ini termasuk dalam golongan jalan yang mempunyai kepadatan arus lalu lintas yang tinggi. Jalan ini dahulunya merupakan jalan dengan mengunakan perkerasan lentur tetapi dengan keadaan arus yang melewati jalan tersebut dibuat dengan perkerasan kaku, tetapi tetap mengalami kerusakan sehingga diadakan evaluasi pada perkerasan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang didapat pada instansi yang ada seperti Dinas Pekerjaan Umum dan BAPPEKO Dumai serta perusahaan yang terkait, kemudian diadakan Evaluasi/ Peninjauan Ulang mengenai perkerasan tersebut berdasarkan analisa penulis dengan metode bina marga. Hasil Evaluasi Perencanaan perkerasan Rigid di Ruas jalan Putri Tujuh dengan menggunakan metode Bina Marga diperoleh ketebalan plat = 19 cm, panjang plat = 4,00 m, lebar plat 5,00 m, tebal plat = 0,20 m. Ketebalan plat yang dipakai dalam dimensi plat rencana adalah 27 cm. kemudian pada hasil Evaluasi perhitungan Tebal Plat, didapat pemborosan pada tebal plat beton yang pada pelaksanaannya setebal 27 cm, tetapi di evaluasi perhitungan ini tebal plat 20 cm, sehingga tebal pemborosan plat sebesar 7 cm. date: 2010-02-20 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Akkas, M. 1996. Struktur Beton I. Diktat Kuliah Jurusan Sipil Fakultas Teknik Unhas. Anas, 2006. Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Islam Riau, Pekanbaru Departemen Pekerjaan Umum, (1983). Manual Perkerasan Jalan dengan alat benhalman beam No. 01/MN/BM/83, Dirjen Bina Marga, Jakarta Departemen Pekerjaan Umum, 1985 Petunjuk Pelaksanaan Perkerasan Kaku (Beton Semen). Badan Penelitian dan Pengembangan PU Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan. Bandung. Departemen Pekerjaan Umum, 1985. Petunjuk Perencanaan Perkerasan kaku (Beton Semen), Direktorat Jenderal Bina Marga. Bandung. Departemen PU,1988. Petunjuk Perencanaan Perkerasan Kaku, SKBI. No. 2. 3. 28.1988. Puslitbang Jalan. Bandung. Dipohusodo,I., 1999, Struktur Beton, PT Gramedia Pusaka Utama, Jakarta. Faizal,E. (2004). Evaluasi Perencanaan Peningkatan Jalan Antara Kabupaten Bengkalis, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil UIR Pekanbaru, Riau Fintel, M. 1974. Handbook of Concrete Engineering. Van Nostrand Reinhold Company. New York. Hermawan E.(2000), Tinjauan Perencanaan Perkerasan Jalan Rumbio – Kebun Durian Kampar, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil UIR Pekanbaru, Riau Masrizal, 2008.Teknologi Konstrksi Jalan. UIR Press, Pekanbaru Mahmud, A. 1993. Analisa Penggunaan Rigid Pavement Pada Persimpangan Jalan Poros Ujung Pandang – Sungguminasa, Tugas Akhir, Jurusan Sipil Fakultas Teknik Unhas. Ujung Pandang. Putra, H.D (2001). Tinjauan Perencanaan Perkerasan Ruas Jalan Simpang Tanah Putih-Bagan Siapai-api, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil UIR Pekanbaru, Riau Subakti, A, 1995, Teknologi beton dalam praktek, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik ITS. Surabaya. Tjokrodimuljo, K., 1995, Teknologi Beton, Nafiri, Yogyakarta Wang C, K dan Charles G. Salmon. 1990. Disain Beton Bertulang. Alih Bahasa : Binsar Hariandja. Erlangga. Jakarta. Warpani, S .1988. Rekayasa Lalu Lintas. Bharata. Jakarta. Wiyono S, 2008.Tingkat Kerusakan Jalan. UIR Press, Pekanbaru Yoder, E.J. and M..W. Witczak. 1975. Principles of Pavement Design, 2nd Edition. John Wiley and Sons Inc. citation: ISMAIL, ISMAIL and Ramli, Wan and Putra, Adil (2010) EVALUASI PERENCANAAN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN PUTRI TUJUH DENGAN METODE BINA MARGA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/362/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/362/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx