eprintid: 352 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/03/52 datestamp: 2021-06-23 11:43:12 lastmod: 2021-10-27 10:57:07 status_changed: 2021-06-23 11:43:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARDIAN, YOGI creators_name: S, Juni creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_id: NIM.1226201006 creators_id: NIDN 1002067601 creators_id: NIDN1021016401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: S, Juni contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_id: NIDN 1002067601 contributors_id: NIDN1021016401 title: PERAMALAN PENJUALAN MIE INSTAN MEREK SARIMI DI CV BAROKAH KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Produk, Peramalan, Metode-Metode. abstract: Suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penjualan atau pendistribusian produk, selalu menginginkan keberhasilan dalam aktifitasnya dimasa yang akan datang. Ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan selalu berusaha untuk tetap dapat berkembang dalam bidang usahanya di masa depan agar perusahaan dapat meraih apa yang menjadi tujuannya. Salah satu hal yang paling penting untuk mewujudkan hal tersebut adalah memperkirakan atau meramal (forecasting) besarnya penjualan atau permintaan pelanggan akan barang atau jasa yang dihasilkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode times series dan metode analisis swot, dalam metode times series diambil data rata–rata bergerak terbobot, rata-rata bergerak tidak terbobot dan pemulusan eksponential dengan mengambil sample data penjualan produk mie instan merek sarimi pada bulan Januari sampai dengan Desember 2013 adalah 13.513 pcs dan pada bulan Januari sampai dengan Oktober 2016 adalah 20.796 pcs, dan merupakan data primer dan sekunder yang diambil pada CV Barokah Jl. Daeng Taugik, Purnama, Di kota Dumai. Dengan menguji vadilitas kepentingan bersama tingkat kinerja dengan mengambil data responden sebanyak 20 orang, dengan menyatakan produk mie instan sarimi sangat memuaskan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pemulusan eksponensial yang cocok untuk melakukan penjualan produk mie instan merek sarimi dengan nilai konstanta penjualan (α = 0,9) karena nilai tracking signal berada dalam batas–batas pengendalian serta dari perhitungan data penjualan produk mie instan merek sarimi maka dapat diramalkan pada bulan November tahun 2016 sebesar 2.125 pcs dan penjualan produk mie instan merek sarimi pada bulan Desember tahun 2016 sebesar 2.143 pcs. Disarankan berdasarkan hasil penjualan diatas diharapkan perusahaan bisa memperhatikan kebijakan–kebijakan harga terhadap produk ini agar tetap bertahan di pasaran. date: 2016-12-18 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Adriyanto, Sus, Untung. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan. Edisi Kedua. Penerbit Erlangga, Jakarta. Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran. Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta. Cohen, Lou. 1995. Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You. Addison : Wesley Publishing Company. J. Paul, et.al. 2000. Consumer Behavior. Jilid 1. Edisi Keempat. Kotler, Philip dan AB. Susanto. 1998. Manajemen Pemasaran Indonesia Buku 2. Salemba empat. Jakarta. Kotler Philip, 2000. Manajemen Pemasaran. Penerbit ANDI, Yokyakarta. Prawirosentono, Surya. 1997. Manajemen Operasi, Jakarta : Pustaka Nasional. PT Bumi Aksara. Rismiati, Catur. Dan Bondan Sutrisno, 2000. Pemasaran Barang Dan Jasa Kanisius. Jakarta. Sanusi, Anwar. 1999. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial Dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media. Malang. Sinulingga, Sukaria. 2013. Metode Penelitian. Edisi Ketiga. Medan: USU Press Singarimbun, Masri. 1995. Metode dan Proses Penelitian Dalam Effendi, S dan Singarimbun, M (Eds). Metode Penelitian Survai. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Pertama . Bandung : CV. Alfabeta. Sugiyono. 1997. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Penerbit CV Alpha Beta, Bandung. Suprayanto, J. 1997. Metode Peramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta. Suminto, Hari. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan. Penerbit Bina Rupa Aksara, jakarta. Tjiptono, Fandy, T. Hani. 2000. Manajemen Barang Dalam Pemasaran, Cetakan Kedua, Penerbit CV Abdi Jaya, Bandung. citation: ARDIAN, YOGI and S, Juni and Yusrizal, Yusrizal (2016) PERAMALAN PENJUALAN MIE INSTAN MEREK SARIMI DI CV BAROKAH KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/352/2/Bab%201.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/352/1/Daftar%20Pustaka.docx