eprintid: 348 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/03/48 datestamp: 2021-06-17 11:15:13 lastmod: 2021-11-04 04:08:47 status_changed: 2021-06-17 11:15:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: REZKI, DELTA creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_name: Sina, Pati creators_id: NIM 05207008 creators_id: NIDN1021016401 creators_id: NIDN 1030127901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_name: Sina, Pati contributors_id: NIDN1021016401 contributors_id: NIDN 1030127901 title: ANALYSIS KEPUASAN KONSUMEN DI SWALAYAN BESTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Importance Perfomance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Indeks (CSI) abstract: Perkembangan bisnis ritel di Indonesia beberapa tahun belakangan sangat pesat. Hal ini terlihat dengan banyak tumbuh berkembangnya berbagai macam bentuk ritel, seperti hipermarket, pasar Swalayan (supermarket), dan minimarket yang pada akhirnya membuat persaingan merebut dan mempertahankan konsumen di antara peritel menjadi semakin ketat dan sengit. Perubahan gaya hidup orang moderen di kota besar mendorong pertumbuhan bisnis ritel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yaitu metode yang mengambil sampel dari suatu populasi, dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Data primer diperoleh melalui hasil kuesioner dengan sampel 375 orang responden, dari seluruh konsumen Swalayan Besta. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Systematic random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini antara lain Analisis: Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Indeks (CSI). Hasil dari survei kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas responden berjenis kelamin perempuan. Rentang usia responden mayoritas berada pada rentang usia >30 tahun, tingkat pendidikan responden mayoritas sarjana, untuk pekerjaan responden didominasi karyawan swasta. Atribut – atribut yang menjadi persepsi konsumen adalah harga, pelayanan, keberagaman produk, kenyamanan, promosi, dan lokasi. Importance Perfomance Analysis memetakan atribut ke dalam kuadran kuadran. Atribut yang berada pada kuadran I adalah atribut yang memiliki tingkat harapan yang tinggi, namun Perfomance perusahaan rendah. Atribut tersebut adalah atribut pelayanan Swalayan kepada konsumen, Atribut yang berada pada kuadran II adalah atribut yang memiliki tingkat harapan tinggi dan Perfomance perusahaan juga tinggi. Atribut-atribut tersebut adalah harga, pelayanan pramuniaga bersikap ramah, keberagaman produk yang halal dan terdaftar di bppom RI, Atribut atribut pada kuadran III adalah atribut yang memiliki tingkat harapan rendah, namun Perfomance perusahaan tinggi. Atribut tersebut adalah keberagaman produk dalam ketersediaan barang, kenyamanan, promosi, dan lokasi. Atribut pada kuadran IV adalah atribut yang memiliki tingkat harapan rendah dan Perfomance rendah. Atribut yang masuk kuadran ini tidak ada. Hasil penelitian kepuasan konsumen Besta CSI (Customer Satisfaction Indeks) menunjukkan nilai diatas 70 yang berarti sudah termasuk dalam kategori puas yaitu: Customer Satisfaction Indeks untuk atribut harga1: 84,03% (sangat puas), harga2: 79,90% (puas), pelayanan1: 78,05% (puas), pelayanan2: 80,70% (puas), keberagaman1: 76,02% (puas), keberagaman2: 84,94% (sangat puas), kenyamanan: 74,35% (puas), promosi: 72,99% (puas), lokasi1: 72,09% (puas), dan lokasi2: 70,92% (puas). date: 2010-03-26 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Arifin, Johar. (2005). “Aplikasi Excel Statistik dan Riset Terapan”, Elek Media Komputindo Gramedia, Jakarta. Aritonang R, L. (2005). “Kepuasan Pelanggan”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. D. Lusch, Robert F., Patrick Dunne. (1995). “Managemen ritel”, Cincinnaty : South Western Publishing Co, Irwin. Foster, Bob. (2008). “Manajemen Ritel”, Alfa Beta, Bandung. Hasan, Ali. (2009). “Marketing Edisi Baru”, Media Presindo, Yogyakarta. Irawan Handi. (2003). “Indonesia Customer Satisfaction”, Elek Media Komputindo Gramedia, Jakarta. Kotler, P & A.B. Susanto. (1999). “Manajemen Pemasaran di Indonesia“, Salemba Empat, Jakarta. Levy, Michael dan Barton Weitz.“Manajemen ritel”, edisi kedua. Boston. Ricard. Pratisto,Arif. (2005). ”Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12”, Elek Media Komputindo Gramedia, Jakarta. Purnomo,Hari. (2004). “Pengantar Teknik Industri”, Graha Ilmu, Yogyakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. (2010).”Peraturan Pelaksanaan Kerja Praktek, Seminar Proposal dan Penulisan Tugas Akhir”, Dumai. Umar, Husein. (2002). “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta: citation: REZKI, DELTA and Yusrizal, Yusrizal and Sina, Pati (2010) ANALYSIS KEPUASAN KONSUMEN DI SWALAYAN BESTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/348/1/BAB%201%20besta%20.rtf document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/348/2/DAFTAR%20PUSTAKA.rtf