eprintid: 343 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/03/43 datestamp: 2021-06-15 08:46:37 lastmod: 2021-06-15 08:46:37 status_changed: 2021-06-15 08:46:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZAMZAM, RIFKI creators_name: Idham, Muhammad creators_name: Budi Dharma, Anton creators_id: NIM 05203015 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Idham, Muhammad contributors_name: Budi Dharma, Anton title: ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN ASPHALT INSTITUTE ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: Perkerasan, Asphalt Institute, Analisa Komponen, Umur Pelayanan. abstract: Dalam upaya memenuhi persyaratan sarana transportasi yang lancar, aman dan nyaman, sehingga dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan umur rencana, maka perlu diadakan perencanaan perkerasan yang baik, karena dengan perencanaan perkerasan yang baik diharapkan konstruksi perkerasan jalan mampu memikul beban kendaraan yang melintas dan menyebarkan beban tersebut kelapisan-lapisan di bawahnya dan tanpa menimbulkan kerusakan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri. Dengan demikian akan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan selama masa pelayanan jalan/umur rencana. Mengingat hal tersebut di atas sangat penting maka perlu dirancang tebal perkerasan yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini membandingkan tebal lapis perkerasan jalan antara metode Asphalt istitute dengan analisa komponen menghitung umur pelayanan jalan berdasakan faktor perusak jalan serta mengetahui falsafah perencanaan jalan terhadap metode yang digunakan dengan manfaat mengetahui metode analisa yang tepat untuk digunakan dalam menganalisa tebal lapis perkerasan. Untuk perkerasan dengan menggunakan metode asphal institute dengan menggunakan beberapa alternatif pembebanan menunjukan bahwa dengan menggunakan asphal institute tebal perkerasan setebal 24 cm, 26cm untuk umur rencana masing-masing 5 dan 10 tahun. Dengan menggunakan Analisa Komponen menunjukan tebal perkerasan selama umur rencana 5 dan 10 tahun adalah setebal 43 cm dan 47 cm. Dengan beberapa alternatif peningkatan pembebanan sebesar 5%, 10%, 15%, 20% menunjukan bahwa masing-masing umur pelayanan jalan selama 8,13, 6,66, 5,50, 5,08 tahun dari umur rencana selama 10 tahun, sehingga menunjukan terjadinya penurunan umur rencana masing-masing sebesar 1,87, 3,34, 4,5, 4,92 tahun. Dengan menggunakan metoda asphal institute dan analisa komponen menunjukan adanya perbedaan falsafah analisa tebal lapis perkerasan. date: 2011-01-25 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anonim, 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, Direktorat Jenderal Bina Marga, SK B1.2.3.26., Jakarta. Direktorat. P. U. Jenderal Bina Marga, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, Jakarta. Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983, Manual Pemiliharaan Jalan, Nomor : 03/MN/B/1983, Jakarta. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 43 Tahun 1993 Tentang, Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan, Presiden Republik Indonesia, Jakarta. Asphalt Institute, 1970, Thickness Design Asphalt Pavement For Highways and Streets, Manual Series No. 1 (MS-1). Hendarsin S, 2000, Perencanaaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia. Badan Pusat Statistik Kota Dumai, 2007, Dumai Dalam Angka Tahun 2006, Dumai, Indonesia Badan Pusat Statistik Kota Dumai, 2009, Dumai Dalam Angka Tahun 2008, Dumai, Indonesia Idham, M, 2008, Analisis Penanganan Beban Muatan Lebih Jalan Lintas Timur Sumatra Propinsi Riau, Yogyakarta, Indonesia. Sukirman, S, 1995, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova Bandung Roza, R, A, 2007, Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Pada Peningkatan Ruas Jalan Arteri Lingkar Kota Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru, Riau. citation: ZAMZAM, RIFKI and Idham, Muhammad and Budi Dharma, Anton (2011) ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN ASPHALT INSTITUTE. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/343/1/BAB%20I%202.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/343/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20ok%20bgt.doc