%A SURYA DARMAWAN %A Susy Srihandayani %A Syamsul Indra Putra %L sttdumai331 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K Perkerasan Lentur, Lalu Lintas Rata-rata(LHR) dan CBR %X Perkembangan jalan raya merupakan salah satu hal yang selalu beriringan dengan kemajuan teknologi dan pemikiran manusia yang menggunakannya, karenanya jalan merupakan fasilitas penting bagi manusia supaya dapat mencapai suatu tujuan daerah yang ingin dicapai. Jalan raya adalah suatu lintasan yang bertujuan melewatkan lalu lintas dari suatu tempat ke tempat yang lain. Arti lintasan disini dapat diartikan sebagai tanah yang diperkeras atau jalan tanah tanpa perkerasan, sedangkan lalu lintas adalah semua benda dan makhluk hidup yang melewati jalan tersebut baik kendaraan bermotor, tidak bermotor, manusia, ataupun hewan. Pembuatan Jalan yang menghubungkan Jalan Simpang Murini – M. Yusuf yang bertujuan untuk memberikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan bagi pemakai jalan serta di harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar jalur jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan koefisien relatif dan menentukan tebal perkeraan pada jalan tersebut, penyusunan tugas akhir ini menggunakan Metode Perkerasan Lentur (Flexible Pavement). Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan data primer yang dapat disurvei dilapangan yang menjelaskan tentang lalulintas harian rata-rata dan kondisi lingkungan sekitarnya, sedangkan data sekunder yaitu peta jaringan jalan Simpang Murini-M.Yusuf. Setelah data-data diatas, selanjutnya dapat dilakukan analisis data untuk mendapatkan nilai tebal perkerasan lentur dengan CBR 3,25% Hasil yang didapat dari analisis jalan Simpang Murini - M.Yusuf, mempunyai Adapun rencana susunan lapisan perkerasan yaitu, Laston Ms = 744 kg = 7,5 cm, Batu Pecah CBR 100% = 20 cm, Sirtu CBR 70 % = 33 cm, CBR 3,25%,. %T PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BARU DENGAN METODE PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) %D 2012