eprintid: 283 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/83 datestamp: 2021-01-11 05:28:34 lastmod: 2021-10-28 04:40:52 status_changed: 2021-01-11 05:28:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: CORI, CORI creators_name: Fitra, Fitra creators_name: Mesra, Trisna creators_id: NIM.0926201100 creators_id: NIDN 1010028204 creators_id: NIDN1012067401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitra, Fit contributors_name: Mesra, Trisna contributors_id: NIDN 1010028204 contributors_id: NIDN1012067401 title: PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUSKESMAS MEDANG KAMPAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien,Kano. abstract: Sebagai Sektor publik, Puskesmas harus memberikan jasa atau layanan terbaik kepada pasien demi terwujudnya kepuasan dan kesetiaan pasien untuk tidak beralih ke tempat pesaing lainya. Kepuasaan pasien dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan dapat terpenuhi, namun bila tidak sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien, maka yang dirasakan pasien adalah ketidakpuasan. Untuk mempertahankan pasien, pihak Puskesmas juga harus melakukan evaluasi terhadap keluhan yang diberikan oleh pasien, sehingga ketidakpuasan pasien dapat dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas Medang Kampai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kano untuk mengukur tingkat pelayanan, dengan pengukuran berdasarkan kategori kano: one dimensional, must be, attractive, dan indiffrentdengan menghitung hasil penyebaran 92 kuesioner yang di isi oleh pasien. Didapat bahwa hasil validalitas fungsional dan disfungsional dinyataka valid dan hasil reabilitas fungsional dan disfungsional dinyatakan realibel. Dengan menggunakan metode kano didapat nilai perkategori adalah tidak puas. Puskesmas yang berkualitas harus memperhatikan kualitas layanan dan atribut-atribut apa yang diperlukan pasien demi terwujudnya tingkat kepuasaan pasien yang tinggi. date: 2015-11-10 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Aprilina, 2012., Analisis atribut produk yang mempengaruhi kategori kepuasan konsumen dengan metode kano, Univ Brawijaya, Malang. Marpaung, R., 2011, Faktor Kepuasan Pasien Rawat Inap A Terhadap Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai Dengan Metode kano,Sekolah Tinggi Teknologi, Dumai. Market share Smarthphone online., 2015, www.gogle.com Nofrialdi, 2004., Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien RSUD Dumai, Sekolah Tinggi Teknologi, Dumai. Surya, S., 2005, Metode Penelitian. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai., 2015, Panduan Penyusunan Penulisan Laporan Kerja Praktek dan Tugas Akhir, edisi ke V Dumai. Tjiptono, F, & Anastasia D, Total Quality Management, Yogyakarta. Tjiptono, F, 2005, Service Quality Service, edisi: 3 Yogyakarta. Wijaya, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, PT Indeks, Jakarta. Widoyoko, E, P,. 2013, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. citation: CORI, CORI and Fitra, Fitra and Mesra, Trisna (2015) PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUSKESMAS MEDANG KAMPAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/283/1/2.%20BAB%201%20MAS.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/283/2/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20MAS.docx