%0 Thesis %9 Other %A CORI, CORI %A Fitra, Fitra %A Mesra, Trisna %B Teknik Industri %D 2015 %F sttdumai:283 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien,Kano. %P 4 %T PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN PUSKESMAS MEDANG KAMPAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO %U http://repository.sttdumai.ac.id/283/ %X Sebagai Sektor publik, Puskesmas harus memberikan jasa atau layanan terbaik kepada pasien demi terwujudnya kepuasan dan kesetiaan pasien untuk tidak beralih ke tempat pesaing lainya. Kepuasaan pasien dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan dapat terpenuhi, namun bila tidak sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien, maka yang dirasakan pasien adalah ketidakpuasan. Untuk mempertahankan pasien, pihak Puskesmas juga harus melakukan evaluasi terhadap keluhan yang diberikan oleh pasien, sehingga ketidakpuasan pasien dapat dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas Medang Kampai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kano untuk mengukur tingkat pelayanan, dengan pengukuran berdasarkan kategori kano: one dimensional, must be, attractive, dan indiffrentdengan menghitung hasil penyebaran 92 kuesioner yang di isi oleh pasien. Didapat bahwa hasil validalitas fungsional dan disfungsional dinyataka valid dan hasil reabilitas fungsional dan disfungsional dinyatakan realibel. Dengan menggunakan metode kano didapat nilai perkategori adalah tidak puas. Puskesmas yang berkualitas harus memperhatikan kualitas layanan dan atribut-atribut apa yang diperlukan pasien demi terwujudnya tingkat kepuasaan pasien yang tinggi.