eprintid: 271 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/71 datestamp: 2020-12-04 04:21:18 lastmod: 2020-12-04 04:21:18 status_changed: 2020-12-04 04:21:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARSELIN, RANDI creators_name: Waluyo Jati, Bibit creators_name: Yuliati, Tri creators_id: NI 1055201074 creators_id: NIDN.9910003130 creators_id: NIDN 1025028403 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Waluyo Jati, Bibit contributors_name: Yuliati, Tri contributors_id: NIDN.9910003130 contributors_id: NIDN 1025028403 title: SISTEM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Augmented Reality, Android, Pembelajaran, Pertumbuhan Tanaman abstract: Proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup, terutama pada tumbuhan membutuhkan waktu yang cukup lama, serta membutuhkan pemahaman yang besar untuk mempelajari pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Dengan berkembangnya zaman, teknologi bisa dijadikan solusi untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut. Teknologi Augmented Reality yang biasanya disebut Augmented Reality dapat dijadikan salah satu alternatif, dimana Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi juga telah berkembang ditandai dengan Augmented Reality yang kini telah dapat diterapkan di android. Sehingga dengan dibuatnya animasi 3D mengenai pertumbuhan tanaman dan membuatnya dalam bentuk Augmented Reality, merupakan suatu alternatif yang dapat dijadikan media pembelajaran. Animasi ini dibuat menggunakan aplikasi 3Ds Max yang kemudian akan dibuat dalam bentuk Augmented Reality serta dideteksi dengan marker menggunakan library vuforia, yaitu salah satu Augmented Reality library untuk Android. Untuk membantu proses pembuatan Augmented Reality berbasis Android tersebut digunakan aplikasi yaitu Unity 3D dan 3Ds Max. Pembuatan AR pertumbuhan tanaman merupakan cara mempermudah dan mempercepat visualisasi pertumbuhan tanaman, sehingga menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis Android dimana menampilkan simulasi pertumbuhan berbagai macam tumbuhan secara virtual yang dirancang dengan menggunakan aplikasi Unity 3D dan 3Ds Max. date: 2015-06-10 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Agung, 2014, “3Ds Max For Beginner”, Andi, Yogyakarta. Andryadi, 2011, “Augmented Reality With ARToolkit”, Augmented Reality team. Brontolaras, 2011, “Animasi Menggunakan Macromedia Flash”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Jogiyanto, 1999, “Pengenalan Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta. Jogiyanto, 2005, “Analisis dan Disain Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta. Noor, Dr. Juliansyah, 2011, “Metodologi penelitian”, Kencana, Jakarta. Shalahuddin, 2011, “Rekayasa Perangkat Lunak”, Modula, Bandung. Suparmuji, 2013, “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Sunarjono, 2013, “Bertanam 36 Jenis Sayur”, Penebar Swadaya, Depok. UU Pendidikan no.20 Tahun 2003. “http://unity3d.com”, diakses pada tanggal 09 Mei 2014, Pukul 13.00 Wib. citation: MARSELIN, RANDI and Waluyo Jati, Bibit and Yuliati, Tri (2015) SISTEM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/271/1/BAB%20I%20pendahuluan.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/271/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx