eprintid: 266 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/66 datestamp: 2020-12-03 04:18:35 lastmod: 2020-12-03 04:18:35 status_changed: 2020-12-03 04:18:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIS, M. JUPRI creators_name: Waluyo Jati, Bibit creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_id: NIM 05802019 creators_id: NIDN.9910003130 creators_id: NIDN1009098702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Waluyo Jati, Bibit contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_id: NIDN.9910003130 contributors_id: NIDN1009098702 title: SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR MENGGUNAKAN METODE TINGKAT KEWAJARAN ( EQUITY METHOD ) ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Retribusi,Tingkat Kewajaran abstract: Era globalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi semakin meningkat dengan cepat, terutama dibidang teknologi informasi, yang pada umumnya ditemui diberbagai organisasi, begitu juga di Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai. Kendala yang terjadi pada saat pemungutan retribusi pelayanan pasar adalah tidak akuratnya jumlah pedagang yang membayar retribusi, kemudian sering terjadinya perbedaan perhitungan jumlah penyetoran dengan pengambilan karcis oleh petugas dan jumlah pedagang yang ada dipasar. Sehingga terjadi kebocoran laporan pemungutan retribusi, selain itu kendala dalam pengelolaan retribusi pelayanan pasar kurangnya kesadaran pedagang untuk membayar retribusi serta faktor kendala alam yang tidak mendukung dalam proses pemungutan retribusi. Sistem informasi pengelolaan retribusi pelayanan pasar berfungsi membantu dalam penyimpanan data pedagang, data karyawan, data karcis serta data retribusi. Sehingga tidak terjadinya penumpukan data, juga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penginputan data sehingga dapat menyajikan informasi tentang laporan yang lebih akurat dan efisien serta memudahkan untuk mendapatkan informasi atau pencarian data di Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai. Sistem informasi dapat mengontrol pengelolaan retribusi pelayanan pasar terhadap pendapatan asli daerah Kota Dumai, sistem ini dapat menimalisir atas perbedaan perhitungan retribusi yang disetorkan dan dapat mengetahui jumlah pedagang yang membayar, sistem ini dibuat dengan menerapkan metode tingkat kewajaran sehingga bisa membantu User atau bendahara penerimaan menghitung retribusi pelayanan pasar dengan tepat dan akurat. date: 2014-12-19 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Frieyadie, 2010, “Pemograman Database MySQL dengan Microsoft Visual Basic 6.0”, Andi, Yogyakarta. Jogiyanto, 1999, “Pengenalan Komputer”, Andi, Yogyakarta. Kadir, Abdul 2009, ” Mempelajari Database MySQL”, Andi, Yogyakarta. Nugroho, Bunafit 2004, ”Database Relasional dengan My SQL”, Andi, Yogyakarta. PERATURAN DAERAH KOTA DUMAI NOMOR 21 TAHUN 2011, “Tentang Retribusi Pelayanan Pasar”, PERATURAN DAERAH KOTA DUMAI NOMOR 15 TAHUN 2008, “Tentang Struktur organisasi instansi pemerintahan” Simarmata, Janner 2006, ”Basis Data”, Andi Yogyakarta. Suroto, 2012, ”Ekonomi Manajemen”, Graha Ilmu citation: AZIS, M. JUPRI and Waluyo Jati, Bibit and Suhaidi, Mustazzihim (2014) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR MENGGUNAKAN METODE TINGKAT KEWAJARAN ( EQUITY METHOD ). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/266/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/266/2/DAFTAR%20%20PUSTAKA.docx