eprintid: 252 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/52 datestamp: 2020-11-09 03:55:00 lastmod: 2020-11-09 03:55:00 status_changed: 2020-11-09 03:55:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAYUNI, AYU ALIA creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Sellyana, Ari creators_id: NIM. 1355201014 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1022028103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Sellyana, Ari contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1022028103 title: GAME BERTUALANG SAMBIL BERHITUNG RUMUS MATEMATIKA UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Game, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Unified Modeling language (UML), Greenfoot abstract: Game memegang fungsi yang cukup penting sebagai sarana hiburan dan juga pendidikan atau latihan bagi orang tua, pria maupun wanita, apalagi anak-anak. Selain fungsi hiburan, game juga sering diciptakan untuk fungsi edukasi atau pembelajaran. Pembelajaran dalam bentuk game biasanya meliputi pembelajaran anak usia dini seperti belajar membaca dan berhitung. Pada umumnya bahwa belajar berhitung dengan menggunakan media game lebih menarik minat anak di banding menggunakan media klasik yang menggunakan kertas dan alat tulis. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan metode pengembangan sistem yaitu menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Alat bantu yang digunakan untuk menganalisis adalah Unified Modeling language (UML) diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Aplikasi dalam pembuatan game ini menggunakan greenfoot yang memakai bahasa pemograman Java. Game ini berupa game petualang, game ini dimainkan oleh satu pemain, dimana pemain harus membunuh seluruh musuh untuk melanjutkan ke level berikutnya. Game ini terdiri dari 3 level, dalam permainan terdapat 3 bangun datar, dimana pemain harus menjawab pertanyaan dari bangun datar tersebut dan mendapatkan skor. Hasil dari game ini diharapkan dapat membuat anak-anak atau siswa tertarik pada pembelajaran Rumus matematika seperti bangun datar dan mampu mengingat rumus bangun datar secara cepat dan benar. date: 2017-11-20 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA A.S Rosa, 2015. “Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek”, Informatika Bandung Adiwijaya Mohamad, dkk, 2015, “Perancangan Game Edukasi Flatform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Conntruct 2”. http://ejournal3.undip.ac.id¬ Jurnal Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, ISSN : 2302-9927, diakses pada tanggal 12 januari 2017 Anggraini Fitri Arifiati, dkk, 2016, “Game Edukasi Petualang Nusantara”, http://sentia.polinema.ac.id Jurnal Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, ISSN : 2085 – 2347, diakses pada tanggal 1 Oktober 2017 AZ Mulyana, Spd, 2005, “ Rahasia Matematika”, Agung Media Mulya, Surabaya ELCOM, 2010, “CorelDraw X5”, Yogyakarta: ANDI ELCOM, 2012, “Seri Belajar Kilat Adobe Photoshop CS5”, Yogyakarta: ANDI Fauzi Muhammad, Rinda Cahyana, Dewi Tresnawati, 2013, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun”. http://jurnal.sttgarut.ac.id, Jurnal STT Garut, ISSN : 2302 – 7339, diakses pada tanggal 12 ‎Januari ‎2017 Indrawaty Youllia, Baktiar, Muhammad Yusuf, 2013, Implementasi Model Skenario PETRI NET Pada Multimedia Interaktif Pembelejaran Kimia, lib.itenas.ac.id/.../jurnal-NolVo!4-5.pdf, Jurnal Informatika, ISSN: 2087-5266, diakses pada tanggal 6 Mei 2017 Irawan J.D., dkk (2016), “Pelatihan Pembuatan Game Menggunakan Greenfoot”. http://ejournal.itn.ac.id, Jurnal Industri Inovatif, ISSN : 2087-8869, diakses pada tanggal 4 Oktober 2017. Maya, 2014, “Adobe Audition CS6”, Andi, Yogyakarta. Nugroho Didik, Iwan Ady P, 2016, “Pemanfaatan Matrik Untuk Game Labirin Berbasis Greenfoot, http://www.poltekindonusa.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Artikel-1_Jurnal-Sainstech_Vol-1-Nomer-6-Desember-2016_Didik-Nugroho.pdf, Jurnal Informatika, ISSN:2355- 5009, diakses pada tanggal 25 Juli 2016 Pujiarti dan Sigit TG, 2009, “Pembelajaran Pengukuran Luas Bangun Datar dan Volum Bangun Ruang”, Depertemen Pendidikan Nasional dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Rahadi Rizky Muhammad, dkk, 2016, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android”. http://download.portalgaruda.org, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, ISSN : 2338-0403, diakses pada tanggal 19 Januari 2017 Surati, “Strategi Pembangunan Game Edukasi Berbasis Desktop Untuk Anak Usia 4-6 Tahun”. http://download.portalgaruda.org, Indonesian Jurnal on Computer Science, ISSN : 1979-9330, diakses pada tanggal 6 Oktober 2017. Tanjung Prawira Abdi Mahardika, 2016, “Analisis Pengaruh Storytelling Terhadap Game Lorong Waktu – Pangeran Dipenogoro Sebagai Media Edukasi Sejarah, http://elib.unikom.ac.id, Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, ISSN : 2089-9033, diakses pada tanggal 3 Oktober 2017 Wardhani Retno dan Moh Husnul Yaqin, 2013 “ Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I”, http://journal.unisla.ac.id Teknik informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan, ISSN : 2085-0859, diakses pada tanggal 2 Oktober 2017 Yunus Mursid, Indah Fitri Astuti, Daya Marisa Khairina, 2015, “Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar”. https://fmipa.unmul.ac.id, Jurnal Informatika Mulawarman, diakses pada tanggal 12 ‎Januari ‎2017 Zulkarnaen Vicko,2014, “Mahir Membuat Game”, Techno Publishing, Jakarta Retno Wardhani, Moh Husnul Yaqin (2013), “Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I”, http://journal.unisla.ac.id, Jurnal Teknika, ISSN: 2085 – 0859, diakses pada tanggal 6 oktober 2017. Anhar, 2010, Panduan Menguasai PHP & Mysql, Media kita, Jakarta. Berdasarkan Dokumen CV. Cantiqe Agency dumai Tahun 2016, “ Struktur Organisasi CV. Cantiqe Agency”. 2016. Heidjrachman dan Husnan. 1996.Konsep Perancangan Sistem Absensidan Penggajian. Jakarta: Widya Guna. Jogiyanto, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta. Kadir, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta. Nugroho, Adi, 2011, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data, Andi, Yogyakarta. Sutabri, 2012, Analisis Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta. Sutabri, Tata, 2014, Pengantar Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta. citation: MAYUNI, AYU ALIA and Yuliati, Tri and Sellyana, Ari (2017) GAME BERTUALANG SAMBIL BERHITUNG RUMUS MATEMATIKA UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/252/1/bab1.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/252/2/Daftar%20Pustaka.docx