@unpublished{sttdumai252, year = {2017}, month = {November}, school = {Sekolah Tinggi Teknologi Dumai}, author = {AYU ALIA MAYUNI and Tri Yuliati and Ari Sellyana}, title = {GAME BERTUALANG SAMBIL BERHITUNG RUMUS MATEMATIKA UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR}, url = {http://repository.sttdumai.ac.id/252/}, keywords = {Game, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Unified Modeling language (UML), Greenfoot}, abstract = {Game memegang fungsi yang cukup penting sebagai sarana hiburan dan juga pendidikan atau latihan bagi orang tua, pria maupun wanita, apalagi anak-anak. Selain fungsi hiburan, game juga sering diciptakan untuk fungsi edukasi atau pembelajaran. Pembelajaran dalam bentuk game biasanya meliputi pembelajaran anak usia dini seperti belajar membaca dan berhitung. Pada umumnya bahwa belajar berhitung dengan menggunakan media game lebih menarik minat anak di banding menggunakan media klasik yang menggunakan kertas dan alat tulis. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan metode pengembangan sistem yaitu menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Alat bantu yang digunakan untuk menganalisis adalah Unified Modeling language (UML) diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Aplikasi dalam pembuatan game ini menggunakan greenfoot yang memakai bahasa pemograman Java. Game ini berupa game petualang, game ini dimainkan oleh satu pemain, dimana pemain harus membunuh seluruh musuh untuk melanjutkan ke level berikutnya. Game ini terdiri dari 3 level, dalam permainan terdapat 3 bangun datar, dimana pemain harus menjawab pertanyaan dari bangun datar tersebut dan mendapatkan skor. Hasil dari game ini diharapkan dapat membuat anak-anak atau siswa tertarik pada pembelajaran Rumus matematika seperti bangun datar dan mampu mengingat rumus bangun datar secara cepat dan benar.} }