eprintid: 214 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/14 datestamp: 2020-08-27 08:21:18 lastmod: 2021-10-21 08:19:52 status_changed: 2020-08-27 08:21:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HANDOKO, HARDI creators_name: Melliana, Melliana creators_name: Suarlin, Jhon creators_id: NIM. 1526201156 creators_id: NIDN 1021017201 creators_id: NIDN 1001027102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Melliana, Melliana contributors_name: Suarlin, Jhon contributors_id: NIDN 1021017201 contributors_id: NIDN 1001027102 title: PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: SWOT, SPSS, strategi pemasaran abstract: Pasien pengguna Jaminan Kesehatan menjadi pangsa pasar Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau karena sebagian besar masyarakat umum, anggota Polri dan keluarganya sudah menjadi peserta BPJS dan menggunakan Jaminan Kesehatan untuk biaya pelayanan kesehatan. Kunjungan pasien umum semakin sediki.. Dimana penurunan terjadi di triwulan 1 dan triwulan 2 (5 bulan terakhir) sekitar 19% dan terus menurun sangat mempengaruhi pendapatan rumah sakit tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk perkembangan strategi pemasaran di Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau menggunakan SPSS untuk mengetahui indikator apa yang berpengaruh dan metode SWOT dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau untuk menentukan perkembangan strategi kedepannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan tentang perkembangan strategi pemasaran Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau menggunakan SPSS uji koefisien determinasi (R Square) terdapat 2 indikator permasalahan yang harus ditingkatkan dan diantisipasi yaitu indikator kekuatan dan indikator ancaman sedangkan strategi SWOT ditunjukkan bahwa nilai total skor tertinggi IFAS yaitu 1,976 dan EFAS yaitu 1,26 berada pada kuadran pertama dimana kuadran tersebut merupakan strategi agresif (Growth Oriented Strategy). date: 2020-02-04 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Asiyah, D,N., 2017, Analisis SWOT Tahun 2017 Sebagai Pertimbangan Menetapkan Strategi Tahun 2018-2020 Pada PT. Asfiyak Graha Medika, Vol. 01 No. 05 Assauri, S., 2011, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi, ISBN 979-421-115-X, PT Raja Grafindo Persada Priyanto, D., 2016, Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahan dengan SPSS, ISBN 978-602-6948-11-3, Gava Media Purbandari, E., Sugandini, D., dan Sutiono, H.T., 2018, Word Of Mouth Sebagai Konsekuensi Kepuasan Pelanggan, Vol. 11 No. 1, ISSN: 2442-9732 Purnamasari, I., 2019, Rancangan Strategi Pemasaran Di Klinik Anugrah Kecamatan Lengkong Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien, Universitas Pasunda Purnomo, dan Hadi, Y., 2018, Analisis Swot Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Ukm Es Puter Di Kota Malang, Vol. 1 No. 1, ISSN: 2615-6474 Rangkuti, F., 2015, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, ISBN 9796057182, Gramedia Pustaka Utama Saefuddin, A., Notodiputro, K.A., Alamudi, A., Sadik, K., 2009, Statistik Dasar, PT Grasindo, Jakarta Sinulingga, S., 2013, Metode Penelitian Edisi 3, USU Press, Medan Tan, Y., Satar, Y.P., dan Aulina, P.Y., 2019, Pengembangan Strategi Pemasaran RSU X tahun 2018, Vol. 9, No. 1, ISSN: 2622-948X Zia, H.K., Semiarty, R., dan Lita, R.P., 2018, Analisis Swot Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang, Universitas Andalas Padang citation: HANDOKO, HARDI and Melliana, Melliana and Suarlin, Jhon (2020) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/214/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/214/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx