%0 Thesis %9 Other %A HANDOKO, HARDI %A Melliana, Melliana %A Suarlin, Jhon %B Teknik Industri %D 2020 %F sttdumai:214 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K SWOT, SPSS, strategi pemasaran %P 5 %T PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT BHAYANGKARA DUMAI %U http://repository.sttdumai.ac.id/214/ %X Pasien pengguna Jaminan Kesehatan menjadi pangsa pasar Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau karena sebagian besar masyarakat umum, anggota Polri dan keluarganya sudah menjadi peserta BPJS dan menggunakan Jaminan Kesehatan untuk biaya pelayanan kesehatan. Kunjungan pasien umum semakin sediki.. Dimana penurunan terjadi di triwulan 1 dan triwulan 2 (5 bulan terakhir) sekitar 19% dan terus menurun sangat mempengaruhi pendapatan rumah sakit tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk perkembangan strategi pemasaran di Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau menggunakan SPSS untuk mengetahui indikator apa yang berpengaruh dan metode SWOT dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau untuk menentukan perkembangan strategi kedepannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan tentang perkembangan strategi pemasaran Rumah Sakit Bhayangkara Dumai, Riau menggunakan SPSS uji koefisien determinasi (R Square) terdapat 2 indikator permasalahan yang harus ditingkatkan dan diantisipasi yaitu indikator kekuatan dan indikator ancaman sedangkan strategi SWOT ditunjukkan bahwa nilai total skor tertinggi IFAS yaitu 1,976 dan EFAS yaitu 1,26 berada pada kuadran pertama dimana kuadran tersebut merupakan strategi agresif (Growth Oriented Strategy).