%0 Thesis %9 Other %A RIANTI, LILI %A Handayani, Tri %A Desyanti, Desyanti %B Teknik Informatika %D 2019 %F sttdumai:207 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K Intelegensi,Otoritatif Fuzzy Mamdani,Php,Boostrap %P 4 %T LOGIKA FUZZY MAMDANI DALAM MENENTUKAN TINGKAT HUBUNGAN OTORITATIF GURU KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA %U http://repository.sttdumai.ac.id/207/ %X Pendidikan adalah suatu usaha yang sistematis untuk mewujudkan keadaan belajar yang baikdalam meningkatkan potensi diri untuk memiliki pengetahuan yang baik,tetapi dalam proses belajar mengajar sering ditemukannya siswa yang tidak dapat meraih prestasi sesuai dengan intelegensinya dan juga sikap guru dalam mengajar dan mendidik.proses belajar mengajar terkadang kurang berjalan efektif, guru cenderung bersifat kaku sehingga membuat minat belajar siswa berkurang dan mempengaruhi prestasi belajarnya Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode logika fuzzy mamdani untuk menentukan tingkat hubungan otoritatif guru terhadap prestasi belajar siswa untuk studi kasus SDN 007 Teluk Binjai. Penggunaan metode fuzzy mamdani mampu menghitung berapa besar hubungan otoritatif guru terhadap prestasi belajar siswa yang akan dikemas dalam membentuk sistem yang mempermudah memperkirakan hubungan tersebut dan merancang laporan berdasarkan data penilaian. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman php dan penggunaan boostrap untuk menciptakan tampilan sistem yang lebih menarik. Berdasarkan hasil perhitungan fuzzy secara manual pada masing-masing data bahwa sistem dengan penerapan logika fuzzy mamdani cukup tepat sebagai pendukung nillai untuk penjamin mutu sekolah terhadap guru dan siswa. nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan dapat menjadi tolak ukur bagaimana sikap dan didikan guru terhadap siswa.