eprintid: 204 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/02/04 datestamp: 2020-07-08 03:25:13 lastmod: 2021-10-21 08:52:55 status_changed: 2020-07-08 03:25:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DETIRA, ZSA ZSA creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_name: Marbun, Novri Jenita creators_id: NIM. 1526201172 creators_id: NIDN1021016401 creators_id: NIDN 1019119201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_name: Marbun, Novri Jenita contributors_id: NIDN1021016401 contributors_id: NIDN 1019119201 title: PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK TARUNA PERSADA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Kompetensi, Sarana Prasarana, Kinerja, Regresi Linier Berganda. abstract: Kinerja guru merupakan salah satu masalah yang ada di SMK Taruna Persada Dumai, dimana kinerja guru melemah karena kurang optimalnya tingkat penguasaan kompetensi pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru, sarana prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru, kompetensi dan sarana prasarana berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Taruna Persada Dumai. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas kompetensi (X1) dan sarana prasarana (X2) terhadap variabel terikat kinerja guru (Y) dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan metode regresi linier berganda untuk uji asumsi klasik tidak ada masalah. Untuk uji T, nilai T hitung untuk variabel X1 > dari nilai T tabel yaitu sebesar 18,27 > 1,97377, artinya ada pengaruh signifikan antara kompetensi dengan kinerja guru. Sedangkan nilai T hitung untuk variabel X2 < dari nilai T tabel yaitu untuk yang sarpras sertifikasi sebesar 1,193 < 1,97377, artinya tidak ada pengaruh sarana prasarana dengan kinerja guru. Hasil uji F hitung > F tabel (200,228 > 3,05), artinya variabel-variabel bebas (kompetensi dan sarana prasarana) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (kinerja guru). Kesimpulan dalam penelitian ini yang dapat diambil berdasarkan perumusan masalah adalah untuk X1 ada pengaruh antara kompetensi dengan kinerja guru. X2 tidak ada pengaruh antara sarpras dengan kinerja guru. date: 2019-10-28 date_type: completed pages: 3 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Afriani, D., 2018, penilaian kinerja dosen tetap teknik industry sekolah tinggi teknologi dumai, Skripsi Manajemen Industri, Sekolah tinggi teknologi dumai, Dumai. Azwar, K., Yusrizal, Murniati, A., R., 2015, Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Banda Aceh, ISSN: 2302-0156, Vol. 3, No 2, 2015. Darwis, Tamsah, H., Ilyas, G., B., 2018, Pengaruh Kompetensi dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Dosen Melalui Proses Pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran Aipi Makassar, Jurnal Manajemen, Makassar, Vol. 1, No. 3, 2018. Ermon, D., 2018, Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Dprd Kota Dumai, skiripsi manajemen, Dumai Firmawati, Yusrizal, Usman, N., 2017, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Guru di SMA Negeri 7 Banda Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, ISSN: 2302-0156, Vol. 5, No. 3, 2017 Ghozali, Imam, 2007., Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Ginting, 2015., Kuesioner, Medan, USU Press. Gunawan, 2013., Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Yogyakarta, Parama Publising. Majdid, A., 2016, Pengembangan Kinerja Guru, Yogyakarta. Misbahudin, dan Hasan, I., 2013, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta, Bumi Aksara Palgunaldi, F., 2014, Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Profesionalisme Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Dismk Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Skripsi Manajemen, Universitas Negerei Yogyakarta. Priyatno, D., 2010., Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Yogyakarta. Ramadhita, S., Setiawan, H., Ummi, N., 2017, Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Jurnal Teknik Industri, Banten, Vol. 5, No. 2, 2017. Rego, I., X., G., 2017, Pengaruh Kompetensi Dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Dosen Melalui Proses Pembelajaran Di Akademi Ilmu Pelayaran Aipi Makassar, Skripsi Manajemen, Universitas Sanata Dharma. Sulastri, E., 2011, Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Juswana Kabupaten Pati, Skripsi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Supriyatno, A., Subiyanto, Tawil., 2016, Pengaruh Sertifikasi Pendidik, Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA, Jurnal Profesi Pendidik, Magelang, ISSN: 2442-6350, Vol. 3, No. 2, 2016. Sugiyono, 2013., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen citation: DETIRA, ZSA ZSA and Yusrizal, Yusrizal and Marbun, Novri Jenita (2019) PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK TARUNA PERSADA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/204/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/204/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx