@unpublished{sttdumai182, school = {Sekolah Tinggi Teknologi Dumai}, author = {RIKO IRWANDI and Gellysa Urva and Desyanti Desyanti}, title = {APLIKASI PENJUALAN DI TOKO AROZAK MENGGUNAKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT}, year = {2017}, month = {December}, url = {http://repository.sttdumai.ac.id/182/}, abstract = {Seiring berkembangnya teknologi saat ini mengakibatkan persaingan dalam dunia bisnis pun semakin pesat yang mengakibatkan suatu perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menarik minat pelanggan dimana, kualitas pelayanan tetap menjadi sesuatu yang sangat penting. Strategi pemasaran yang berbasis pada upaya menciptakan hubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan lebih dikenal dengan istilah Customer Relationship Management (CRM). Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk memanjakan pelanggan agar tidak berpaling kepada pesaing, suatu strategi bisnis yang mengintegrasikan proses dan fungsi internal dengan eksternal untuk untuk menciptakan nilai dan memanjakan pelanggan serta menciptakan keadaan melalui serangkaian kegiatan mengelola informasi yang rinci tentang masing-masing pelanggan dengan tujuan untuk menciptakan kesetiaan pelanggan dan agar tidak berpaling kepada pesaing. Analisa yang dilakukan yaitu dengan mencari literatur yang berhubungan dengan permasalahan, wawancara dengan narasumber, dan observasi secara langsung di lapangan. Pada skripsi ini, penulis berharap penerapan program Customer Relationship Management (CRM), diharapkan mampu membuat pelanggan menjadi setia kepada perusahaan sehingga hubungan yang terjadi tidak hanya hubungan antara penjual dan pembeli, tetapi lebih mengarah kepada suatu hubungan mitra.}, keywords = {Aplikasi, Penjualan, Customer Relationship Management} }