eprintid: 177 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/77 datestamp: 2020-07-03 03:00:27 lastmod: 2020-07-03 03:00:27 status_changed: 2020-07-03 03:00:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DAMANIK, DINIAH creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Suhaidi, Mustazzihim creators_id: NIM 1355201087 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN1009098702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Suhaidi, Mustazzihim contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN1009098702 title: APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA TK PERSADA BUNDA KECAMATAN RUPAT UTARA ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Aplikasi, Hewan Endemik, Construct 2 abstract: Pengenalan hewan merupakan salah satu media pembelajaran di Taman Kanak – Kanak. Namun, saat ini media pembelajaran tersebut masih menggunakan media buku, poster atau hanya berupa kata – kata yang di terangkan oleh guru. Sehingga banyak orang yang kurang mengenal keanekaragaman hewan yang ada di Indonesia khususnya anak – anak. Permasalah lainnya yang dihadapin tampilan buku atau gambar yang kurang menarik sehingga membuat anak – anak mudah bosen dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah memberikan media pembelajaran tentang pengenalan hewan bagi pengguna supaya mempermudah pengguna dalam menjelaskan atau memperlajari materi tentang pengenalan hewan endemik. Dalam laporan tugas akhir ini perancangan aplikasi media pembelajaran merupakan rancangan dari UML. Aplikasi media pembelajaran pengenalan hewan endemik indonesia ini dibuat menggunakan program construct 2 dengan rancangan tampilan menggunakan photoshop cs6. Berdasarkan hasil dari aplikasi yang sudah dibangun meliputi halaman menu belajar, menu bermain dan menu quis. Aplikasi media pembelajaran pengenalan hewan endemik indonesia menghasilkan informasi berupa gambar hewan, suara hewan dan informasi tentang hewan yang di kemas secara menarik dengan dilengkapi game sederhana mengenai hewan endemik. date: 2017-12-15 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S Rosa, 2014 ,“Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur Dan Berorientasi Objek”, Informatika Bandung Andi, 2010, “ Adobe Flash CS4 Tentang Pembuatan Animasi Interaktif “, Andi, Yogyakarta. Ananda Fitra Rahmad, 2014 , “Parancangan Media Interaktif Mengenal Nama –Nama Hewan Dan Tumbuhan “, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Cicilia Lindanigrum, 2011, “ Pengenalan Binatang Endemik Indonesia Yang Terancam Punah Pada TK Tumus Asi Yogyakarta”, Sekolah Tinggi Manajemen Informasi Dan Komputer AMIKOM, ISSN : 2301 – 1133 Volume 3 Nomor 1. Fenia Arian Widjoyo, 2011, “ Perancangan Media Pembelajaran Flora Dan Fauna Indonesia Menggunakan Macromedia Director MX ”, Sekolah Tinggi Manajemen Informasi Dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, ISSN : 2303-5195 Volume 2 Nomor 1. Fowler, Martin, 2004 , “ UML Distilled Edisi 3 “, Andi, Yogyakarta. Jogiyanto, 2001, “ Aplikasi Media Pembelajaran”, Gunung Agung, Yogyakarta. Kurniawa M.B, 2010, “Mengenal Hewan & Tumbuhan Asli Indonesia” , Cikal Aksara, Jakarta Selatan. Lindaningrum Cicilia, 2011 , “ Pengenalan Binatang Endemik Indonesia Yang Terancam Punah Pada TK Tumus Asi “,Sekolah Tinggi Manajemen Informasi,Yogyakarta. Molenda Michael, 2009, “ Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran“, Bumi Aksara, Jakarta. Peranginanggin, 2006, “ Aplikasi Web Dengan PHP Dan MySQL “, Andi, Yogyakarta. Punto Damar P, 2015 , “ Bikin Game Dengan Construc 2 “ , Penerbit Andi, Yogyakarta. Rahmad Fitra Ananda, 2014, “ Perancangan Media Interatif Mengenal Nama – Nama Hewan Dan Tumbuhan Untuk Anak Usia Dini”, Program Studi Desain Dan Komunikasi Visual Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang, ISSN : 2252-6684. Sari Puspa Lidya, 2010, “ Resumen Undang – Undang SISDIKNAS Pendidikan”, Bulletin Asasi, Jakarta Selatan Sianipar R.H, “ Pemograman C++, Java, Visual C++/ Visual Basic/HTML/CSS/ PHP/MySQL Dan Matlab “, Penerbit Informatika Pasar Buku Palasari 82, Bandung. Shalahuddin, 2011, “ Rekayasa Perangkat Lunak ( Struktur Dan Berorientasi Objek )”, Modula, Bandung. Sholiq, 2006, “ Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML”, Graha Ilmu, Yogyakarta. Shofi Nurun. M, 2015 , “ Mengenal Hewan Langkah Di Indonesia”, Lembar Langit Indonesia. Suyanto,M, 2005, “ Multimedia Alat Untuk Meningkatan Keunggulan Bersaing”, Andi, Yogyakarta. Sutarman, 2009, “ Pengantar Teknologi Informasi”, Bumi Aksara, Jakarta. Sutanto, 2011, “ Sistem Informasi Manajemen”, Andi offset, Yogyakarta. Uchrowi Zaim, 2012, “ Defenisi Indonesia ”, http:// carapedia.com/pengertian-definisi-indonesia diakses 3 maret 2017. Wahana Komputer, 2012, “ Desain Grafis Profesional Dengan Adobe Photoshop”, Andi, Yogyakarta. Widjoyo Arian Fenia, 2011, “ Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Indonesia”, Amikom, Yogyakarta. Widiastuti Nelly Indriani, Irwan Setiawan, 2012, “ Membangun Game Edukasi Walisongo ”, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA) : 2089-9033: http://komputer.if.unikom.ac.id/_s/data/jurna/volume-1-2/6-komputa-1-2-game-edukasiwalisongonelly.pdf/pdf/6-komputa-1-2-game-edukasi-walisongo-nelly.pdf diakses 24 februari 2017. citation: DAMANIK, DINIAH and Yuliati, Tri and Suhaidi, Mustazzihim (2017) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA TK PERSADA BUNDA KECAMATAN RUPAT UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/177/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/177/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx