eprintid: 161 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/61 datestamp: 2020-06-29 02:25:16 lastmod: 2020-06-29 02:31:27 status_changed: 2020-06-29 02:25:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SIMAMORA, DINTON creators_name: Putra, Sony Adiya creators_name: Srihandayani, Susy creators_id: NIM. 1122201012 creators_id: NIDN 1016066901 creators_id: NIDN 1020047901 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Putra, Sony Adiya contributors_name: Srihandayani, Susy contributors_id: NIDN 1016066901 contributors_id: NIDN 1020047901 title: STUDI KASUS KAPASITAS DAN TINGKAT KINERJA SIMPANG EMPAT KILOMETER TUJUH BUKIT TIMAH KOTA DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_civ full_text_status: restricted keywords: MKJI 1997, Persimpangan, Sistim Transportasi abstract: Seiring dengan pertumbuhan penduduk kota yang amat pesat di Indonesia, permasalahan jalan raya akan meningkat pada umumnya melampaui kemampuan penyediaan prasarana dan perkotaan, akibatnya permasalahan kemacetan dan kecelakaan semakin meningkat pada umumnya, penanganan sistem transportasi yang ada di Indonesia masih bersifat parsial sehingga tidak menyelesaikan permasalahan secara tuntas. Studi kasus kapasitas dan tingkat kinerja pada persimpangan merupakan hal yang penting dalam menilai karakterisik dan seberapa besar tingkat pelayanan dari persimpangan, khususnya simpang empat kilometer tujuh Bukit Timah Kota Dumai. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa nilai kapasitas maksimum persimpangan empat kilo meter tujuh Bukit Timah Kota Dumai sebesar 61.283,35 smp/jam sudah melebihi dari kapasitas dasar persimpangan 2900 smp/jam. Hal ini menyebabkan simpang empat kilometer tujuh Bukit Timah Kota Dumai tidak layak untuk menampung arus lalu lintas dengan kondisi yang tidak memiliki pengaturan rambu lalu lintas berupa lampu signal. Perlu segera dibuat sistem pengaturan lalu lintas yang lebih baik pada persimpangan, terutama pemasangan lampu signal lalu lintas. date: 2017-12-15 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Sipil thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Direktorat Bina Marga, Februari 1997, “ Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”, Departemen Pekerjaan Umum F.D.HOBBS 1995, “Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas “, Gajah Mada University Press Yogyakarta Suwardjoko Warpani Ir, Bandung 2002, “Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, Institut Teknologi Bandung Suwardjoko Warpani Ir, Jakarta 1985, “Rekayasa Lalu Lintas” , Bhrata Karya Aksara Arif Budiarto – Amirotul MH Mahmudah, Surakarta 2007, “Rekayasa Lalu Lintas”, Lembaga Pengembangan pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS ( UNS PERS ) Syarifuddin Alambai Ir, Jakarta 1993, “Kelancaran dan Keamanan Lalu Lintas Ditinjau dari Uu No 13 / 1980 Tentang Jalan dan UU No 14 / 1992 tentang Lalu Lintas dan Ang citation: SIMAMORA, DINTON and Putra, Sony Adiya and Srihandayani, Susy (2017) STUDI KASUS KAPASITAS DAN TINGKAT KINERJA SIMPANG EMPAT KILOMETER TUJUH BUKIT TIMAH KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/161/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/161/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx