eprintid: 152 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/52 datestamp: 2020-06-25 08:46:25 lastmod: 2021-10-27 10:02:54 status_changed: 2020-06-25 08:46:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SIREGAR, SRI LESTARI creators_name: Melliana, Melliana creators_name: Fitra, Fitra creators_id: NIM. 1326201006 creators_id: NIDN 1021017201 creators_id: NIDN 1010028204 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Melliana, Melliana contributors_name: Fitra, Fitra contributors_id: NIDN 1021017201 contributors_id: NIDN 1010028204 title: OPTIMALISASI ANTRIAN KAPAL TANKER PADA JETTY 3 DAN 5 DI PT X DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Antrian, Simulasi, Software Arena abstract: PT X Dumai merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan minyak mentah yang terdapat di bumi. Minyak tersebut diolah menjadi beberapa jenis seperti premium, pertalite, solar dan lain sebagainya. Pendistribusian minyak tersebut dilakukan dengan menggunakan transportasi laut atau kapal tanker. PT X Dumai memiliki 6 jetty, dimana masing-masing jetty memiliki jalur yang telah ditetapkan. Ada 2 jetty yang selalu mengalami antrian sehingga banyak kapal yang menunggu, yaitu jetty 3 dan jetty 5. Jetty 3 dan jetty 5 adalah tempat pelayanan loading/discharge minyak premium, solar dan pertalite yang sering digunakan oleh masyarakat. Antrian yang terjadi pada jetty 3 dan 5 mencapai utilisasi sebesar 90%. Hal ini berada di atas batas utilisasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yaitu < 70%. Untuk itu, dilakukan perbaikan dengan menggunakan Software Arena yang memberikan beberapa skenario untuk hasil yang optimal. Software Arena merupakan salah satu software yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap suatu antrian dengan menggunakan beberapa skenario untuk pemecahan masalah. Pada skenario awal hasil utilisasi simulasi sebesar 96%. Pada skenario 2 dan 3 dengan penambahan 1 jetty pada masing-masing jetty, hasil utilisasi masih sebesar 75%. Pada skenario 4, dilakukan penambahan 2 jetty hasil utilisasi sebesar 55%. Setelah dilakukan perbaikan dengan arena, hasil yang didapat yaitu dengan menambahakan 2 jetty lagi dengan utilisasi sebesar 55%. Sehingga pelayanan dapat dilakukan sebesar 98%. date: 2017-12-15 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Ahmad, A., Mashuri, M., 2016, Analisa Sistem Antrian Kapal Pengangkut Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jurnal Sains dan Seni, Volume 5 Nomor 1. Aminulloh, A. F., 2016, Analisis Model Antrian Multi Phase (Studi Kasus di SAMSAT Kota Pasuruan), Tugas Akhir Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Aviva, D., 2010, Analisa Optimasi Dermaga di Pelabuhan Samarinda Dengan Pendekatan Model Antrian Untuk Mengantisipasi Kenaikan Permintaan, Jurnal EKSIS, Volume 6 Nomor 1, ISSN 0216-6437. Febriyana, R., Mahmudy, W. F., 2016, Penjadwalan Kapal Penyeberangan Menggunakan Algoritma Genetika, Jurnal TIIK, Volume 3 Nomor 1. Manurung, E. H., 2017, Analisis Occupancy Jetty di PT Pertamina RU II Dumai Bulan Desember 2016, Laporan Kerja Praktek Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Dumai. Sentia, P. D., Ilyas, Riyan, H., 2016, Pendekatan Simulasi Untuk Antrian Pada Bengkel Servis PT X, Jurnal Optimasi Sistem Industri, Volume 15 Nomor 2, ISSN 2088-4842/2442-8795. Suparti, E., Hermantoro, F., 2014, Optimasi Sistem Antrian Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software Arena (Studi Kasus di Kantor SAMSAT Kabupaten Temanggung), Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi, Volume 2 Nomor 2. Wahyudi, G. V., Sinulingga, S., Firdaus, F., 2012, Perancangan Sistem Simulasi Antrian Kendaraan Bermotor Pada SPBU Menggunakan Distribusi Eksponensial (Studi Kasus: SPBU Sunset Road), Jurnal JELIKU, Volume 1 Nomor 2. Winjarsih, K. A., Kromordihardjo, S., 2012, Kimia Minyak Bumi dan Hidrokarbon Meningkatkan Laju Pembongkaran pada Dermaga Bongkar Untuk Mengurangi Masalah Antrian Kapal Dengan Metode Simulasi (Studi Kasus: PT Petrokimia Gresik), Jurnal Teknik Pomits, Volume 1 Nomor 2, ISSN 2301-9271. citation: SIREGAR, SRI LESTARI and Melliana, Melliana and Fitra, Fitra (2017) OPTIMALISASI ANTRIAN KAPAL TANKER PADA JETTY 3 DAN 5 DI PT X DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/152/1/1.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/152/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx