eprintid: 143 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/43 datestamp: 2020-06-25 04:07:35 lastmod: 2021-10-27 10:32:02 status_changed: 2020-06-25 04:07:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRWANTO, IRWANTO creators_name: Fitra, Fitra creators_name: Azmi, Azmi creators_id: NIM. 1326201095 creators_id: NIDN 1010028204 creators_id: NIDN 1003119002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Fitra, Fitra contributors_name: Azmi, Azmi contributors_id: NIDN 1010028204 contributors_id: NIDN 1003119002 title: EFISIENSI PANAS GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR UNTUK PEMANAS KOTAK MAKANAN ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Heat exchangger, Panas Knalpot, Rpm abstract: Gas buang pada kendaraan bermotor memiliki kandungan energi panas. Energi panas ini tidak dimanfaatkan lagi. Pemaanfaatan energi panas dari gas buang kendaraan bermotor saat ini jarang ditemui disekitar kita. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan merancang pemanas kotak makanan dengan mengefisiensikan panas dari gas buang kendaraan bermotor. Panas gas buang sisa dimanfaatkan langsung sebagai pemanas kotak tanpa adanya fluida tambahan. Gas buang akan dialirkan ke dalam sebuah kotak yang terpisah dari kotak penyimpan makanan. Setelah dimanfaatkan, gas buang itu dialirkan kembali ke knalpot, untuk dibuang ke udara. Kotak penyimpan makananmembutuhkan panas ruangan yang cukup agar tidak terjadi penurunan temperatur pada makanan tersebut. Dari studi eksperimental yang telah dilakukan pada kotak penyimpan makanan, kotak pemanas makanan ini diuji dengan putaran mesin dan jauhnya jarak tempuh motor. Pengujian ini menghasilkan peningkatan atau kenaikan temperatur gas buang pada variasi putaran mesin yang berbeda. Putaran mesin yang dipakai adalah 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, dan 3500 rpm, dan jarak tempuh yang diuji adalah 200, 400,600, 800 dan 1000 meter. Semakin tinggi putaran mesin, semakin tinggi juga panas yangdapat dimanfaatkan sehingga dapat memanaskan temperatur ruangan sesuai yang diinginkan. date: 2017-12-15 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Adi, K., Kusuma., W. B., dan Adnyana, B. W., 2015, Pemanfaatan resirkulator gas buang untuk meningkatkan unjuk kerja mesin sepeda motor empat langkah, cara ini meresirkulasikan sejumlah tertentu gas buang masuk ke intakemanifold untuk menurunkan suhu pembakaran diruang bakar, Magister Teknik Mesin Universitas Udayana, Vol. 15. No. 2. Bali. Budiman, A., Syarif, A., dan Isworo, H., 2014, Analisis perpindahan panas dan efisiensi efektif high pressure heater (hph) di pltu asam-asam, Program Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkuat, Kalimantan Selatan. Basuki, (2007), Penurunan konsentrasi co dan no2 pada emisi gas buang dengan menggunakan media penyisipan tio2 lokal pada karbon aktif, Vol.1 No.1, Yokyakarta Ginting R2009, Perancangan Produk, Graha Ilmu, Yogyakarta Klara dan Sutrisno, 2016, Pemanfaatan panas gas buang mesin disel sebagai energi listrik, Vol, 14, No 1, Makasar. Pujayanto Dan Rokhimi. 2015, Alat peraga pembelajaran laju hantaran kalor konduksi, urusan Teknik Industri, UNS, Surakarta Thamrin dan Hadi, 2013, Pemanfaatan temperatur gas buang dari kendaraan bermotor roda dua untuk pemanas kotak makanan (delivery box) pada layanan pesan antar, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Palembang. Yuliastuti, 2008, emisi gas buang dan dampaknya terhadap kesehatan. USU,Medan. citation: IRWANTO, IRWANTO and Fitra, Fitra and Azmi, Azmi (2017) EFISIENSI PANAS GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR UNTUK PEMANAS KOTAK MAKANAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/143/1/BAB%20I%20WANTOK.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/143/2/daftar%20pustaka%20wantok.docx