eprintid: 137 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/37 datestamp: 2020-06-24 04:19:45 lastmod: 2021-10-25 08:19:55 status_changed: 2020-06-24 04:19:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAJARIYANTI, ANNISA creators_name: Suarlin, Jhon creators_name: Yusrizal, Yusrizal creators_id: NIM.1226201104 creators_id: NIDN 1001027102 creators_id: NIDN1021016401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suarlin, Jhon contributors_name: Yusrizal, Yusrizal contributors_id: NIDN 1001027102 contributors_id: NIDN1021016401 title: PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI PERTAMINA HOSPITAL DUMAI ispublished: unpub subjects: TA divisions: sch_eng full_text_status: restricted keywords: Rumah Sakit, Service Quality (servqual), Tingkat Pelayanan, abstract: Pertamina Hospital Dumai merupakan salah satu rumah sakit milik BUMN Dumai yang bermodel RSU dikelola oleh Pertamina (Persero) RU II Dumai. Rumah Sakit ini memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas dan juga menampung pelayanan rujukan dari puskesmas dengan banyaknya keluhan dari pasien terhadap kualitas pelayanan yang menyebabkan menurunnya jumlah pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pasien poli gigi, poli internis, poli umum di Pertamina Hospital Dumai. Dan untuk membantu pihak Rumah Sakit dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan 25 atribut dari hasil penyebaran 332 kuesioner untuk ketiga poli. Hasil dari penelitian ini adalah nilai servqual tingkat kenyataan lebih rendah dibandingkan tingkat harapan dari hasil minus yang terbesar dilima dimensi servqual pada masingmasing poli. Pada poli gigi minus yang terbesar terdapat di dimensi tangibles yaitu -0.23. Pada poli internis terdapat didimensi Reliability yaitu -0.27. dan pada poli umum terdapat didimensi Responsiveness yaitu -0.95. Hasil dari setiap dimensi service quality membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Pertamina Hospital Dumai kurang memuaskan. Hal ini berarti yang harus ditingkatkan kembali kualitas pelayanan kepada pasien secara konsisten dan optimal bagi keberlangsungan pelayanan. date: 2017-12-05 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Industri thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Firdia, E., Surachman, Santoso, P.B., 2012, Aplikasi Metode Servqual dan Six Sigma dalam menganalisis kualitas layanan PT. PLN (Persero) Unit UPJ Dinoyo, Jurnal Prekas - Ilmu Pengetahuan & Rekayasa Volume 13 no. 3 September 2012 ; ISSN 1412-7237 Hindarawati, E. N., Jayasari, A. 2014. Menganalisis Kualitas Pelayanan PT Jasa Raharja dengan Metode Servqual, Vol. 5 No. 2 November 2014: 626-637 Mahendra, K. G., 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Griya Sunset Kuta Nurainun, Akmalulhadi, 2011. Kualitas Pelayanan Pengelola Mall SKA Pekanbaru terhadap Tentang dengan menggunakan pendekatan Fuzzy Servqual, Vol. 10. No. 1. 2011. Nurhayati, 2016. Peningkatan Pelayanan Pelanggan M-Kios terhadap Kinerja PT Media Swara Prima Di Kota Dumai. Skripsi, Teknik Industri. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Dumai. Sugirahardja, A. D, Santoso, I, Anggraini, S. 2013. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan dengan Metode Servqual. Tjiptono, F, & Chandra. G, 2011. Service, Quality & Satisfactio., Edisi: 3. Yogyakarta. Triwibowo, S., Rukmi, H. S, Harsono, A. 2014. Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Kawasan Wisata Kawah Putih Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. ISSN: 2338-5081. citation: FAJARIYANTI, ANNISA and Suarlin, Jhon and Yusrizal, Yusrizal (2017) PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI PERTAMINA HOSPITAL DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/137/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/137/2/5%20DAFTAR%20PUSTAKA.docx