@unpublished{sttdumai137, author = {ANNISA FAJARIYANTI and Jhon Suarlin and Yusrizal Yusrizal}, year = {2017}, title = {PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI PERTAMINA HOSPITAL DUMAI}, school = {Sekolah Tinggi Teknologi Dumai}, month = {December}, url = {http://repository.sttdumai.ac.id/137/}, abstract = {Pertamina Hospital Dumai merupakan salah satu rumah sakit milik BUMN Dumai yang bermodel RSU dikelola oleh Pertamina (Persero) RU II Dumai. Rumah Sakit ini memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas dan juga menampung pelayanan rujukan dari puskesmas dengan banyaknya keluhan dari pasien terhadap kualitas pelayanan yang menyebabkan menurunnya jumlah pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pasien poli gigi, poli internis, poli umum di Pertamina Hospital Dumai. Dan untuk membantu pihak Rumah Sakit dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan 25 atribut dari hasil penyebaran 332 kuesioner untuk ketiga poli. Hasil dari penelitian ini adalah nilai servqual tingkat kenyataan lebih rendah dibandingkan tingkat harapan dari hasil minus yang terbesar dilima dimensi servqual pada masingmasing poli. Pada poli gigi minus yang terbesar terdapat di dimensi tangibles yaitu -0.23. Pada poli internis terdapat didimensi Reliability yaitu -0.27. dan pada poli umum terdapat didimensi Responsiveness yaitu -0.95. Hasil dari setiap dimensi service quality membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Pertamina Hospital Dumai kurang memuaskan. Hal ini berarti yang harus ditingkatkan kembali kualitas pelayanan kepada pasien secara konsisten dan optimal bagi keberlangsungan pelayanan.}, keywords = {Rumah Sakit, Service Quality (servqual), Tingkat Pelayanan,} }