eprintid: 132 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/32 datestamp: 2020-06-24 02:44:07 lastmod: 2021-10-05 12:47:15 status_changed: 2020-06-24 02:44:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUSNITA, YAYUK creators_name: Sari, Febrina creators_name: Desyanti, Desyanti creators_id: NIM. 1455201054 creators_id: NIDN 1014029101 creators_id: NIDN 1020078801 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sari, Febrina contributors_name: Yanti, Des contributors_id: NIDN 1014029101 contributors_id: NIDN 1020078801 title: PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) DUMAI ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: SAMSAT, Kepuasan, Fuzzy Tsukamoto abstract: Pelayanan kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting disetiap instansi maupun perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pelayanan di kantor SAMSAT. Banyak isu yang beredar dari masyarakat tentang pelayanan SAMSAT Dumai yang kurang baik, sehingga memberikan penilaian negatif terhadap pelayanan SAMSAT. Sedangkan, SAMSAT merasa telah memberikan pelayanannya semaksimal mungkin. Maka, untuk tingkat kepuasan masyarakat tidak dapat dinilai hanya dari isu yang beredar ataupun dari penilaian SAMSAT itu sendiri, tetapi melibatkan masyarakat itu sendiri untuk memberikan penilaian langsung tentang pelayanan SAMSAT. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode fuzzy tsukamoto untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan lima variabel input (tangibles, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance), yang akan melalui 3 tahap yaitu mencari derajat keanggotaan dari masing-masing variabel input, penggabungan rule (aturan), sampai tahap defuzzifikasi untuk mendapatkan hasil akhir tingkat kepuasan masyarakat. Hasil yang didapatkan dengan metode fuzzy tsukamoto adalah tingkat kepuasan masyarakat SAMSAT berada pada tingkat Cukup Puas (CP) dengan nilai 0.824965454, kemudian kepuasan masyarakat_P = 0.175034546, kepuasan masyarakat_SP = 0, kepuasan masyarakat_TP = 0, kepuasan masyarakat_STP = 0, dan masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki dari segi variabel input yaitu assurance dan responsivness. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 5 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Anhar, 2010, Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak, Mediakita, Jakarta Faridl, M., 2015, Fitur Dahsyat Sublime Text 3. Edisi Pertama. https://www.google.co.id/search?q=pemula+sublime&oq=pemula+sublime&aqs=chrome..69i57.7766j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#q=Fitur+Dahsyat+Sublime+Text+3 diakses pada tanggal 11 April 2017 Indrajani, 2011, Basis Data Dalam All In One, Elex Media Komputindo, Jakarta Janner, S., 2010, Rekayasa Perangkat Lunak, Andi, Yogyakarta Jogiyanto, 2008, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta Kotler, P., Keller, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas Jilid I dan II, Indeks, Jakarta Kusuma, A.D., Astuti, S., 2017, Electronic Customer Relationship Management Berbasis Fuzzy Service Quality Untuk Peningkatan Pelayanan Pasien, Cogito Smart Journal 2017, ISSN: 2477-8079 Kusumadewi, S., Purnomo, H., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta Raharjo, B., 2012, Modul Pemrograman WEB (HTML, PHP & MySql), Modula, Bandung Rizki, S.N., 2016, Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Dengan Kualitas Kinerja Kepolisian Menggunakan Metode Fuzzy Logic Sugeno, Majalah Ilmiah UPI YPTK 2016, ISSN: 2502-8774 Sari, F., 2017, Implementasi Data Mining Dalam Menganalisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Rough Set, Jurnal Buana Informatika 2017, ISSN: 2087-2534 Shalahuddin, M., 2011, Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Yogyakarta Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Administrasi, CV Alfabeta, Bandung Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, CV Alfabeta, Bandung Sutarman, 2009, Pengantar Teknologi Informasi, Bumi Aksara, Yogyakarta Tjiptono, F., Chandra, G., 2011, Service, Quality & Satisfaction, Andi Publisher, Yogyakarta Van, L.L., Lisnawita, 2017, Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Purnajual CV. Family Menggunakan Metode Fuzzy-Logic, JURNAL INOVTEX POLBENG – SERI INFORMATIKA 2017, ISSN: 2527-9866 citation: YUSNITA, YAYUK and Sari, Febrina and Desyanti, Desyanti (2018) PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/132/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/132/2/DAFTAR%20TABEL.docx