%K SAMSAT, Kepuasan, Fuzzy Tsukamoto %D 2018 %X Pelayanan kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting disetiap instansi maupun perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pelayanan di kantor SAMSAT. Banyak isu yang beredar dari masyarakat tentang pelayanan SAMSAT Dumai yang kurang baik, sehingga memberikan penilaian negatif terhadap pelayanan SAMSAT. Sedangkan, SAMSAT merasa telah memberikan pelayanannya semaksimal mungkin. Maka, untuk tingkat kepuasan masyarakat tidak dapat dinilai hanya dari isu yang beredar ataupun dari penilaian SAMSAT itu sendiri, tetapi melibatkan masyarakat itu sendiri untuk memberikan penilaian langsung tentang pelayanan SAMSAT. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode fuzzy tsukamoto untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan lima variabel input (tangibles, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance), yang akan melalui 3 tahap yaitu mencari derajat keanggotaan dari masing-masing variabel input, penggabungan rule (aturan), sampai tahap defuzzifikasi untuk mendapatkan hasil akhir tingkat kepuasan masyarakat. Hasil yang didapatkan dengan metode fuzzy tsukamoto adalah tingkat kepuasan masyarakat SAMSAT berada pada tingkat Cukup Puas (CP) dengan nilai 0.824965454, kemudian kepuasan masyarakat_P = 0.175034546, kepuasan masyarakat_SP = 0, kepuasan masyarakat_TP = 0, kepuasan masyarakat_STP = 0, dan masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki dari segi variabel input yaitu assurance dan responsivness. %A YAYUK YUSNITA %A Febrina Sari %A Desyanti Desyanti %T PENERAPAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) DUMAI %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %L sttdumai132