eprintid: 123 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/23 datestamp: 2020-06-23 07:57:54 lastmod: 2020-06-23 07:57:54 status_changed: 2020-06-23 07:57:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIANDI, NOV creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Nugraha, Nur Budi creators_id: NIM. 1455201009 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN 1016118705 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Nugraha, Nur Budi contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN 1016118705 title: PEMASARAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY ( AR ) ANIMASI 3D DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Augmented Reality, CRM, 3D Max abstract: Proses pemasaran produk perumahan masih menggunakan media promosi dua dimensi (2D) seperti brosur, spanduk, dan baliho. Permasalahan lainnya yang dihadapi adalah keterbatasan informasi menggunakan media dua dimensi (2D) dari sudut pandang. Tujuan dari pembuatan aplikasi media promosi ini adalah untuk memberikan inovasi baru media promosi menggunakan tiga dimensi (3D) augmented reality. Dalam laporan Akhir ini, perancangan media promosi perumahan menggunakan metode customer relationship management (CRM). Aplikasi katalog perumahan Griya Pulai sakinah dibuat dengan menggunakan program Unity 5.2.3f1 (32-bit) dengan rancangan menggunakan Autodesk 3D Max. Berdasarkan hasil evaluasi dari pengujian alpha testing ditemukan bahwa pada aplikasi tidak mempunyai error prevention dan help user recognize yaitu tidak terdapat pesan error jika terjadi kesalahan. Dua hal tersebut tidak berdampak pada penggunaannya karena konten dari 3D tidak muncul pada aplikasi yang berjalan, pengguna cukup kembali melakukan capturing pada marker. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 6 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Andre Kurniawan, Pamoedji, Maryuni , Ridwan Sanjaya, 2017, Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, ( ISBN 978-602-04-0038-9) Defni, S.Si, M.Kom. Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Data-Data Sekolah Di Kota Padang Berbasis Android, Jurnal momentum Politeknik Negeri Padang (ISSN: 1693-7521) Handi Candra, 2014, 3ds Max 2011 untuk orang awam, Maxikom,Cetakan 1, Palembang, ( ISBN 978-979-1399-33-3) Indah Lestari, Hendri Irawan, Analisis dan desain electronic customer relationship management (e-crm) berbasis web guna membina serta meningkatkan loyalitas penyewa studi kasus: PT. Sari Indah Lestari (SIL) - Mall Cbd Ciledug, Universitas Budi Luhur (ISSN Cetak: 1979-7044 ISSN Online: 2598-2990) Ivar Jacobson, 2012, Buku Rekayasa Perangkat Lunak – buku 1, pendekatan praktisi (Edisi 7) / Roger S.Pressman, Ph.D. Bahasa Indonesia diterbikan Andi Yogyakarta (ISBN 978-979-293104-4) Khaeruddin, 2005, Belajar otodidak Adobe Photoshop Cs Hingga mengusai tanpa guru, Yrama Widya,Cetakan 1, Bandung, ( ISBN 979-543-305-9) Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran, Jilid II. Jakarta (ISBN 9789790753266) Muntahanah, Rozali Toyib, Miko Ansyori, 2017, Penerapan teknologi augmented reality pada katalog rumah berbasis android (Studi Kasus PT. Jashando han Saputra), Kota Bengkulu. (ISSN 2355-5920) Nency Extise Putri, Sovandi Marwan, Toni Hariyono, (2009) Aplikasi Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer, STKIP PGRI Sumbar. ( ISSN : 2407-0491 ) O’Brien, James A., 2002, “Customer Relationship Management”, Management Information Systems: Managing Information Technology in the E-Business Enterprise (5th ed.), McGraw-Hill Higher Education, pp.128-131. ( ISBN : 0072823119 ) Rickman Roedavan, 2014, Unity Tutorial Game Engine, Informatika Bandung, Cetakan 1, Bandung, ( ISBN 978-602-1514-50-4). Rosa AS, M. Shalahuddin, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika, Cetakan 3, Bandung, ( ISBN 602-1514-05-4) Tri Yuliati, Lailatul Mufarokhah, Sigit Setiyanto, Arwendra Adi Putra, Didi Apriansa, 2013, Perancangan Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Pariwisata Lombok, STMIK AMIKOM Yogyakarta. (ISSN 2302-3805) Tri Yuliati, Ema Utami, Hanif Al Fatta, Perancangan Mobile Augmented Reality Dengan Metode Interactive Multimedia System Design Development (Studi Kasus: Brosur Di Sekolah Tinggi Teknologi Dumai), STMIK AMIKOM Yogyakarta (ISSN: 1411-3201) Zamzamia, Abdullah, Hafnidar A. Rani, 2018, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Perumahan ( Studi Kasus : Perumahan Villa Citra Dan Villa Buana Gardenia ), Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. (E-ISSN: 2615-1340) citation: RIANDI, NOV and Yuliati, Tri and Nugraha, Nur Budi (2018) PEMASARAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY ( AR ) ANIMASI 3D DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/123/1/BAB%20I%20refisi.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/123/2/daftar%20pustaka%20refisi.doc