%K Augmented Reality, CRM, 3D Max %A NOV RIANDI %A Tri Yuliati %A Nur Budi Nugraha %X Proses pemasaran produk perumahan masih menggunakan media promosi dua dimensi (2D) seperti brosur, spanduk, dan baliho. Permasalahan lainnya yang dihadapi adalah keterbatasan informasi menggunakan media dua dimensi (2D) dari sudut pandang. Tujuan dari pembuatan aplikasi media promosi ini adalah untuk memberikan inovasi baru media promosi menggunakan tiga dimensi (3D) augmented reality. Dalam laporan Akhir ini, perancangan media promosi perumahan menggunakan metode customer relationship management (CRM). Aplikasi katalog perumahan Griya Pulai sakinah dibuat dengan menggunakan program Unity 5.2.3f1 (32-bit) dengan rancangan menggunakan Autodesk 3D Max. Berdasarkan hasil evaluasi dari pengujian alpha testing ditemukan bahwa pada aplikasi tidak mempunyai error prevention dan help user recognize yaitu tidak terdapat pesan error jika terjadi kesalahan. Dua hal tersebut tidak berdampak pada penggunaannya karena konten dari 3D tidak muncul pada aplikasi yang berjalan, pengguna cukup kembali melakukan capturing pada marker. %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %T PEMASARAN PERUMAHAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY ( AR ) ANIMASI 3D DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) %D 2018 %L sttdumai123