eprintid: 121 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/21 datestamp: 2020-06-23 04:39:49 lastmod: 2020-06-23 04:40:33 status_changed: 2020-06-23 04:40:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIFALDI, MUHAMMAD creators_name: Sellyana, Ari creators_name: Yuliati, Tri creators_id: NIM. 1455201011 creators_id: NIDN 1022028103 creators_id: NIDN 1025028403 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sellyana, Ari contributors_name: Yuliati, Tri contributors_id: NIDN 1022028103 contributors_id: NIDN 1025028403 title: GAME PETUALANGAN SI KANCIL DALAM MENYELAMATKAN HUTAN DARI PENEBANGAN LIAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID ispublished: unpub subjects: Z665 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Adobe Flash CS6, Game, Pembalakan Liar, Side Scroller. abstract: Pembalakan liar adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dan otoritas setempat. Praktek pembalakan liar secara umum didorong oleh beberapa faktor, yaitu adanya permintaan kayu yang semakin meningkat, kebijakan dan tata kelola kehutanan yang belum berjalan dengan baik, kegagalan hukum terutama yang berkaitan dengan penegakan hukum terhadap tindak pidana pembalakan liar, dan ekonomi masyarakat sekitar kawasan hutan yang tergolong miskin. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan media aplikasi game adventure yang dijadikan sebagai media edukasi dan disosialisasikan kepada anak Taman Kanak-kanak (TK), agar peduli akan isu penebangan liar dan serta mengajarkan untuk tetap melestarikan hutan. Aplikasi game ini menggunakan side scroller sebagai untuk penggerak karakter utama dan menyerang musuh. Pada tahap implementasi penulis menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 untuk membuat game tersebut dan langsung di ekspor dalam format .apk. Game ini nantinya dapat berjalan langsung di sistem operasi android. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, Rosa., Shalahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Modula. Afandi, Rojali Soni., Saputra, Erik Hadi. 2013. Aplikasi Mobile Informasi Kafe 24 Jam Di Yogyakarta Berbasis Android. ISSN: 1411-3201, Vol 14 No 04. Anggraini, Arifiati Fitri., Erviana, Nena., Anggraini, Sofiya., Prasetya, Didik Dwi. 2016. Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. ISSN: 2085-2347, Vol 8. Basuki, Kurniawan., Mursyid, Athaillah., Kurnain, Ahmad., Suyanto. 2013. Analisis Faktor Penyebab Dan Strategi Pencegahan Pembalakan Liar (Illegal Logging) Di Kabupaten Tabalong. ISSN: 1978-8096. Budayasa, I Putu Gede., Paryatna, Gusde. 2013. Implementasi Linear Congruential Dalam Rancang Bangun Aplikasi Game Peduli Lingkungan. ISSN: 2089-8673, Vol 2 No 1. Edi, Ikhsan Sarwo., Sudaryatno, Bambang. 2014. Sistem Informsi Penilaian Siswa Pada Sdn 2 Biting Purwantoro Wonogiri. ISSN: 1411-3201, Vol 15 No 02. Effendi, Octora Dian., Winandya, Dinnar Dian. 2015. Desain Pembangunan Games Reboisasi Dengan Menggunakan Mda Framework. ISSN: 2302-3805, Vol 6-8. Hadiyan, Yayan., Yuliah., Pambudi, Haryo. 2017. Memahami Dan Membangun Pendekatan Penyelesaian Deforestasi Dan Degradasi Hutan Di Region Sumatera Dan Kalimantan. p-ISSN: 2528-5742, Vol 14 No 1. Jayawardana, H.B.A. 2016. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Ekologis. p-ISSN: 2540-752x, e-ISSN: 2528-2726. Lengkong, Hendra Nugraha., Sinsuw, Alicia A.E., Lumenta, Arie S.M. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. ISSN: 2301-8402. Madcoms. 2013. Mahir dalam 7 Hari Adobe Flash CS6. Yogyakarta : Andi. Oktofiyani, Rini., Nurmalasari., Anggraeni, Wakhyu. 2016. Penerimaan Sistem E-learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Study Kasus Siswa/i Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta. ISSN 1978-1946, Vol 12 No 1. Purba, Christian P.P., Potret keadaan Hutan Indonesia, Forest Watch Indonesia http://www.fwi.or.id/publikasi/potret-keadaan-hutan-indonesia-periode-2009-2013/ diakses pada tanggal 4 Oktober 2017 Ramli, Tinta. 2012. Hutan Jantung Kehidupan. Jakarta Selatan : Sketsa Aksara Lalitya. Sambodo, Leno., Purnama, Bambang Eka., Wardati, Indah Uly. 2015. Animasi 3 Dimensi Sosialisasi Tsunami Early Warning System Kabupaten Pacitan. ISSN: 2338-8161, Vol 3 No 2. Saputro, Ardy. 2016. Mudah Membuat Game Adventure Adobe Flash CS6 Action Script 3.0. Yogyakarta : Andi. Setyawan, Fajar Arif., Laelasari, Asmida Ulfa. 2015. Internalisasi Karakter Konservasi Lingkungan melalui Media Game Deservasi. e-ISSN: 2460-0040, p-ISSN: 2407-7658, Vol 2 No 1. Sholihin, Miftahus., Farouq, Kemal. 2016. Game Pass-Puzz Dengan Construct 2. ISSN: 2503-07103. Wijaya, Novan. 2016. Pelatihan Membuat Desain Logo Vector Menggunakan Adobe Illustrator dan Adobe Flash di SMK Bina Cipta Palembang. E-ISSN: 2540-8747, Vol 1 No 1. Yuliati, Tri. 2017. Pengembangan Game Save Mangrove Eart. ISSN: 2355-1887, Vol 3 No 2. Zamroni, M. Rosidi., Suryaman, Nizar., Jalaluddin, Ahmad. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan Html 5. ISSN: 2085-0859, Vol 5 No 2. __,Luas Kawasan Hutan dan Kawasan Konservasi Perairan Indonesia Menurut Provinsi berdasarkan SK Menteri Kehutanan, online di https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1716 di akses pada tanggal 5 Oktober 2017 citation: RIFALDI, MUHAMMAD and Sellyana, Ari and Yuliati, Tri (2018) GAME PETUALANGAN SI KANCIL DALAM MENYELAMATKAN HUTAN DARI PENEBANGAN LIAR SEBAGAI MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/121/1/BAB%20I.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/121/2/DAFTAR%20PUSTAKA.docx