eprintid: 112 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/12 datestamp: 2020-06-17 04:28:23 lastmod: 2020-06-17 04:28:23 status_changed: 2020-06-17 04:28:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DAUS, FIR creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Alimudin, Erna creators_id: NIM. 1455201015 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN. 1029089001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Alimudin, Erna contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN. 1029089001 title: IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK PERTIWI KOTA DUMAI BERBASIS MULTIMEDIA ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Aplikasi , Multimedia, Tematik. abstract: Dewasa ini proses pembelajaran tentang pembelajaran tematik masih menggunakan cara konvesional dengan menggandalkan buku. Sehingga proses tersebut memakan waktu yang cukup lama dalam proses pembelajaran tentang pembelajaran tematik. Permasalahan lainnya yang dihadapi adalah dengan tampilan yang terdapat didalam buku kurang menarik sehingga membuat anak kurang tertarik dan merasa bosan ketika menerima pelajaran. Tujuan dari pembuatan aplikasi media pembelajaran adalah untuk memberikan media pembelajaran mengenai tematik menggunakan Adobe Flash CS6 bagi guru supaya mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Dalam laporan Akhir ini, perancangan media implementasi pembelajaran tematik berbasis multimedia menggunakan UML. Aplikasi pembelajaran tematik dibuat dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 dengan rancangan menggunakan adobe photoshop cs6. Berdasarkan hasil sistem yang sudah dibangun meliputi halaman menu pembelajaran huruf dan angka, menu mewarnai dan menu permainan. Aplikasi pembelajaran tematik ini menghasilkan informasi dalam bentuk pembelajaran pengenalan huruf dan angka, mewarnai gambar dan permainan menyusun geometri yang telah dikemas dengan menarik. Hasil Perhitungan SPPS penelitian menunjukan bahwa tingkat nilai validitas setiap pertanyaan lebih besar dari 0.497, dan tingkat nilai reliabilitas sebesar 0.889. Nilai yang didapatkan dari validitas dan reliabilitas termasuk kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai validitas dan reliabilitas masing-masing pertanyaan adalah signifikan. date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: Andriani, Lidya., 2009. Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Dirumah Sakit Dengan Menggunakan Program Komputer. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan. Andi., 2012, Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6, Madcoms,Yogyakarta. A.S Rosa., 2014, Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur Dan Berorientasi Objek, Informatika Bandung. Azwar, Saifudin., 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Budiman., Riyanto, 2013, Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan, Salemba Medika Press, Jakarta Firmansyah, Dody., 2008, Adobe Audition, ISSN : 1979-0414, Vol.8 No.1 Ghozali, I., 2009, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Universitas Diponegoro, Semarang. Hakim Zainal., 2012, Sejarah Adobe Photoshop, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Umum, ISSN : 1979-0414 Vol.8 No.1. Jusuf Heni,. 2009, Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia, ISSN 1978-9491, Vol.3 No.1. Michael Molenda., 2009, Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta. Munadi, Yudhi., 2008, Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Jakarta. M. Naseer, dan G. Hasemadi., 2013, Sistem Multimedia, Andi Offset, Yogyakarta, ISSN : 2088 – 1762 Vol. 6 No. 2. Sunaryo Y. Haryo Sulistyanto, dkk., Aplikasi Media Pembelajaran Tematik Untuk Anak Tk Berbasis Android, ISSN : 2252-3006, VOL.3 NO. 3. Sujiono, Yuliani Nurani., 2009, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak, Indeks, Jakarta. Trianto., 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, JEA Vol.1, Jakarta. Wardani Setia,. 2017, Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar, ISSN 1978-1660, Volume 6, No 1. Wahana., 2012, Adobe Flash CS6, Yogyakarta, ISSN. 2442-2436 : 21 - 41 Vol. III, No. 1. Widjoyo Arian Fenia., 2011, Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Indonesia, AMIKOM, Yogyakarta. citation: DAUS, FIR and Yuliati, Tri and Alimudin, Erna (2018) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK PERTIWI KOTA DUMAI BERBASIS MULTIMEDIA. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/112/3/0.13%20bab%201%20ACC.docx document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/112/4/0.19%20DAFTAR%20PUSTAKA%20ACC.docx