eprintid: 111 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1 dir: disk0/00/00/01/11 datestamp: 2020-06-17 04:17:01 lastmod: 2020-06-17 04:17:01 status_changed: 2020-06-17 04:17:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELYANI, FINA DWI creators_name: Yuliati, Tri creators_name: Alimudin, Erna creators_id: NIM. 1455201095 creators_id: NIDN 1025028403 creators_id: NIDN. 1029089001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Yuliati, Tri contributors_name: Alimudin, Erna contributors_id: NIDN 1025028403 contributors_id: NIDN. 1029089001 title: MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 (STUDI KASUS SMK AL – MUNAWARRAH DUMAI) ispublished: unpub subjects: ZA4050 divisions: sch_ecs full_text_status: restricted keywords: Simulasi, Pembelajaran, Animasi abstract: Pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampaian pesan atau media. Penyampaian pesan pembelajaran dari guru kepada siswa saat ini, masih menggunakan alat bantu mengajar seperti buku. Hal ini menjadikan siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika menyerap pelajaran, sehingga memberikan efek malas belajar. Peneliti merancang dan membuat sebuah aplikasi sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk mempelajari materi tentang simulasi digital. Peneliti menggunakan metode waterfall dalam melakukan penelitian. Metode waterfall sering disebut model sequence linear atau alur classic life cycle. Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimualai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Perancangan & pembangunan sistem dilakukan dengan proses pembuatan flowchart penelitian, aplikasi ini dibuat dalam bentuk video animasi. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, mudah dipelajari, dan dapat membantu siswa dalam mempelajari simulasi digital date: 2018-12-05 date_type: completed pages: 4 institution: Sekolah Tinggi Teknologi Dumai department: Teknik Informatika thesis_type: other thesis_name: other referencetext: A.S, Rosa, 2011, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek”, Informatika, Bandung Al-Bahra, 2013, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta. Harjanto, 2017, “Rancang Bangun Media pembelajaran Simulasi Digital Pada Siswa SMK Farmasi SAMARINDA”, Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Samarinda Madcoms, 2013, “Pasti Bisa !! Belajar Sendiri Adobe Flash Pro CS6”, Andi Offset, Yogyakarta. Purnama, Ela Bambang, 2013, “Konsep Dasar Multimedia”. Graha Ilmu, Yogyakarta . Simanullang, Sahat Pardamean, 2016, “Pemanfaatan Program CAMTASIA Untuk Meningkatkan Kompetensi Simulasi Digital MGMP Administrasi Perkantoran Kota Medan”, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan .. Sutabri, Tata, 2012, “Analisa Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta. Wahana Komputer, 2011, “Tutorial 5 Hari menggunakan Adobe Photoshop CS5”, Andi, Yogyakarta. Wahana, 2014, “Adobe Audition CS6 Cara Mudah Buat Produksi Rekaman”, Andi, Yogyakarta. Wijayanti, 2016, “Pengembangan E-MODUL Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di SMK Negeri 2 SINGARAJA”, Fakultas Teknik dan kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha Rusidi, Hendrayudi,2010, “Membuat Media Belajar Komputer”, Satu Nusa, Bandung citation: ELYANI, FINA DWI and Yuliati, Tri and Alimudin, Erna (2018) MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 (STUDI KASUS SMK AL – MUNAWARRAH DUMAI). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/111/1/Bab%20I.doc document_url: http://repository.sttdumai.ac.id/111/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20revisi%20%282%29.doc