%0 Thesis %9 Other %A ELYANI, FINA DWI %A Yuliati, Tri %A Alimudin, Erna %B Teknik Informatika %D 2018 %F sttdumai:111 %I Sekolah Tinggi Teknologi Dumai %K Simulasi, Pembelajaran, Animasi %P 4 %T MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 (STUDI KASUS SMK AL – MUNAWARRAH DUMAI) %U http://repository.sttdumai.ac.id/111/ %X Pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampaian pesan atau media. Penyampaian pesan pembelajaran dari guru kepada siswa saat ini, masih menggunakan alat bantu mengajar seperti buku. Hal ini menjadikan siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika menyerap pelajaran, sehingga memberikan efek malas belajar. Peneliti merancang dan membuat sebuah aplikasi sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk mempelajari materi tentang simulasi digital. Peneliti menggunakan metode waterfall dalam melakukan penelitian. Metode waterfall sering disebut model sequence linear atau alur classic life cycle. Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimualai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Perancangan & pembangunan sistem dilakukan dengan proses pembuatan flowchart penelitian, aplikasi ini dibuat dalam bentuk video animasi. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik, mudah dipelajari, dan dapat membantu siswa dalam mempelajari simulasi digital