DESAIN BERBASIS KINERJA (PERFORMANCE BASED DESIGN) UNTUK STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG 10 LANTAI DENGAN ANALISIS TIME HISTORY PADA TINJAUAN DRIFT DAN DISPLACEMENT

WIBOWO, ARI and Abrar, Aidil and Putra, Sony Adiya (2019) DESAIN BERBASIS KINERJA (PERFORMANCE BASED DESIGN) UNTUK STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG 10 LANTAI DENGAN ANALISIS TIME HISTORY PADA TINJAUAN DRIFT DAN DISPLACEMENT. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
01. BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang berada di wilayah jalur gempa pasifik (Circum Pasific Earthquake Belt) dan jalur gempa asia (Trans Asiatic Earthquake Belt) sehingga sangat berpotensi mengalami gempa, karena itu Indonesia termasuk dalam jalur cincin api Pasifik (Ring Of Fire). Hal ini menegaskan pentingnya tinjauan beban gempa rencana dalam perencanaan desain struktur sebagai antisipasi apabila terjadi gempa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja struktur berdasarkan drift dan Displacement sesuai dengan kinerja batas layan dan kinerja batas ultimit yang tercantum dalam SNI 1726-2012 dan level kinerja struktur sesuai ATC-40. Penelitian ini menggunakan analisis pushover dan riwayat waktu dengan 1 set ground motion yaitu Imperial Valley. Perhitungan analisis struktur menggunakan software SAP2000 v.14 dalam model tiga dimensi. Hasil analisis ini berupa perpindahan masing-masing tingkat dan simpangan antar tingkat. Hasil analisis tersebut digunakan untuk mengontrol level kinerja struktur. Pada saat beban dorong (Pushover) maksimum dengan Base Force 5502,70 kN 2 balok mengalami D ke E kekuatan balok hanya kekuatan sisa dari elemen menuju batas dimana elemen sudah mengalami keruntuhan. Dengan desain rencana kekuatan gempa rencana struktur masih dibatas aman. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis riwayat waktu pada gempa rencana untuk rekaman gempa Imperial Valley yang telah di skalakan dengan respon spektrum desain tinjauan Drift Maximum. Menurut ATC-40 untuk gempa rencana maupun gempa aktual termasuk dalam level kinerja gedung kategori IO (Immediate Occupancy) dengan persentase Drift Maximum 0,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desain Berbasis Kinerja (Performance Based Design), Non-Linear Pushover Analysis, Non-Linear Time History Analysis (NLTHA), Sendi Plastis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2020 08:06
Last Modified: 08 Jun 2020 08:06
URI: http://repository.stt-dmi.web.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item