PERENCANAAN TEBAL STRUKTUR PERKERASAN KAKU PADA SUBGRADE YANG MEMPUNYAI DAYA DUKUNG RENDAH (Studi Kasus : Jl.Gaharu, kelurahan basilam baru, Kota Dumai)

SYAH, ADAM and Abdillah, Nuryasin and Abrar, Aidil (2023) PERENCANAAN TEBAL STRUKTUR PERKERASAN KAKU PADA SUBGRADE YANG MEMPUNYAI DAYA DUKUNG RENDAH (Studi Kasus : Jl.Gaharu, kelurahan basilam baru, Kota Dumai). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB)
[img] Text
daftar pustaka adam sempro.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB)

Abstract

Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, wilayah negara, dan fungsi masyarakat serta dalam memajukan kesejahteraan umum sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lancarnya sarana perhubungan pada suatu wilayah akan berdampak pada pesatnya pertumbuhan perekonomian wilayah itu sendiri, karena sistem mobilisasi barang dan jasa dapat berjalan lancar dan efesien. Perencanaan tebal suatu struktur perkerasan jalan merupakan salah satu bagian dari rekayasa jalan yang bertujuan memberikan pelayanan terhadap arus lalu lintas sehingga memberika rasa aman dan nyaman terhadap penguna jalan. Perencanaan tebal lapis perkerasan jalan dilakukan dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan 2017. Berdasarkan penelitian, Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan. Struktur perkerasan beton direncanakan dengan menggunakan ketebalan 180 mm atau 18 cm, dan untuk pondasi bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A dengan tebal 12,5 cm.Didapatkan hasil perhitungan tulangan yaitu tulangan dengan arah memanjang menggunakan tulangan diameter 12 mm, jarak 22,5 cm, sedangkan tulangan dengan arah melintang menggunakan tulangan diameter 12 mm, jarak 45 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Manual desain perkerasan 2017, hasil desain perkerasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 10:42
Last Modified: 28 Feb 2024 10:42
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item