APLIKASI DATA MINING POLA PEMBELIAN PRODUK SUSU DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Kinta Swalayan Bukit Datuk)

MAGDALENA, CITRA and Wati, Elisa and Yannuar, Yannuar (2014) APLIKASI DATA MINING POLA PEMBELIAN PRODUK SUSU DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus : Kinta Swalayan Bukit Datuk). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)

Abstract

Banyaknya persaingan dalam dunia bisnis khususnya dalam swalayan kinta, menuntut para pengembang untuk menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran barang, Salah satunya operasional yang sering dihadapi oleh swalayan, jika jumlah permintaan terlalu sedikit dan permintaan tidak dapat dipenuhi karena kekurangan persediaan khusus untuk produk susu, maka akan mengakibatkan konsumen merasa kecewa dan ada kemungkinan konsumen tidak akan kembali lagi. Begitu juga jika permintaan terlalu besar, maka akan mengakibatkan kerugian bagi swalayan karena harus menyediakan tempat yang lebih besar, terjadinya penyusutan nilai guna barang, serta harus menyediakan biaya tambahan yang terkait dengan biaya permintaan seperti biaya pemeliharaan dan biaya akuntansi. Algoritma Apriori adalah teknik dari data mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Suatu aturan untuk mengetahui besar kemungkinan seorang pelanggan untuk membeli suatu barang bersamaan dengan produk barang yang lain. Pengembangan aplikasi data mining pola pembelian produk susu ini, dibuat dengan menggunakan Metode SDLC (Sistem Development Life Cycle) adalah metode dimana teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Dengan pengetahuan tersebut pemilik swalayan dapat mengatur penempatan barangnya untuk kombinasi terutama produk penjualan susu. Adapun aturan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan 2 nilai penting yaitu minimum support dan confidence. Dua nilai tersebut digunakan dengan proses menemukan setiap kombinasi item barang dan proses untuk mengeliminasi pengelompokan barang yang tidak memenuhi minimum support. Dari aturan tersebut didapatkan frekuensi dan item barang yang paling sering muncul bersamaan yang membantu manager untuk menata, mengelompokan barang dan dapat mengetahui produk mana yang paling diminati konsumen untuk mengoptimalkan persediaan barang terutama produk susu. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam merancang dan mengimplementasikan Pengembangan aplikasi data mining pola pembelian produk susu ini adalah PHP. Penerapan Aplikasi data penjualan melalui input transaksi pembelian dan output-nya berupa laporan dari aturan akhir asosiasi .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: data penjualan, data mining, aturan asosiasi.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2023 13:26
Last Modified: 11 Aug 2023 13:26
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item