IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN (SNACKS) DAN MINUMAN KEMASAN (STUDI KASUS : MINIMARKET 212 MART KOTA DUMAI)

SAFITRI, MAGHFIROH CHUSNI and Desyanti, Desyanti and Sari, Febrina (2019) IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN PRODUK MAKANAN RINGAN (SNACKS) DAN MINUMAN KEMASAN (STUDI KASUS : MINIMARKET 212 MART KOTA DUMAI). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
12. BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25kB)
[img] Text
22. DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)

Abstract

212 Mart merupakan salah satu swayalan yang sedang berkembang memiliki jaringan minimarket yang menyediakan bahan pokok sehari-hari. Ada juga jenis produk makanan dan non-makanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari dan memiliki banyak data yang tersimpan di dalam basis datanya. Data-data yang ada belum mampu dimanfaatkan untuk mengembangkan proses bisnis agar menjadi lebih baik. seperti tata letak produk yang kurang strategis, jumlah produk makanan ringan dan minuman kemasan yang kurang laku sampai batas expired date, sehingga menyebabkan stok produk yang kurang laku tersebut mengalami penumpukan di gudang dan masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi perkembangan bisnis kedepannya. Penyelesaian permasalahan ini dilakukan dengan menganalisa data penjualan makanan ringan (snacks) dan minuman kemasan yang dijual oleh 212 Mart yaitu dengan cara menggali informasi tentang keterkaitan antar barang yang dibeli konsumen disetiap transaksi menggunakan data mining. Karena dengan mengetahui keterkaitan barang jenis makanan ringan (snacks) dan minuman kemasan yang sering dibeli oleh konsumen, pihak 212 Mart bisa mengurangi maupun menambah stok barang di gudang terhadap barang yang kurang maupun paling diminati oleh konsumen sehingga modal bisa digunakan untuk menambah stok produk yang lebih cepat ataupun laris terjual. Setelah dilakukan analisis data menggunakan algoritma apriori yang menghasilkan keterkaitan antar barang yang sering dibeli oleh konsumen yaitu Better Vanilla Funbites 48gr, Nyamnyam Fantasy Stick 25gr dan Lay`S Nori Seaweed 68gr, Vit 600 ml menghasilkan aturan asosiasi yang baru yaitu jika membeli Better Vanilla Funbites 48gr maka membeli Nyamnyam Fantasy Stick 25gr dan jika membeli Lay`S Nori Seaweed 68gr maka membeli Vit 600 ml, jika membeli Vit 600 ml maka membeli Lay`S Nori Seaweed, dan pihak 212 Mart bisa melakukan perbaikan terhadap stok barang jenis makanan ringan (snacks) dan minuman kemasan pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Data Mining
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2020 10:28
Last Modified: 05 Oct 2021 12:38
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item