RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 004 BANGSAL ACEH

SUFENTI, VINA and Yuliati, Tri and Handayani, Tri (2022) RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 004 BANGSAL ACEH. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19kB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 004 Bangsal Aceh merupakan salah satu sekolah yang berada dikota Dumai. Sekolah Dasar Negeri 004 Bangsal Aceh salah satunya kelas V saat ini masih ada berbagai masalah dalam proses pembelajarannya, diantaranya yaitu siswa kurang menguasai materi yang disampaikan. Keberhasilan belajar ditentukan dan dipengaruhi siswa, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dikelas. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dapat menyebabkan pelajaran menjadi monoton, tidak menarik dan akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran monoton akan mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan, bosan dan kemudian mengurangi perhatian terhadap materi yang guru sampaikan.Secara langsung membuat siswa kurang tertarik untuk memperhatikan serta membuat pelajaran yang disampaikan belum jelas.Sehingga perlu adanya sesuatu yang menarik yang bisa dijadikan sebagai sarana pendukung dalam memberikan materi berbasis multimedia. Berdasarkan penelitian tersebut, Penulis melakukan penelitian menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri beberapa tahap seperti konsep, desain,pengumpulan materi, pembuatan, implementasi, pengujian, dan distribusi. Penelitian ini menghasilkan suatu materi berupa game edukasi dan video animasi pembelajaran bertemakan matematika untuk kelas V dengan menarik sehingga siswa lebih paham dan membantu pengenalan pecahan, kecepatan dan debit, dan skala. Serta membuat sebuah game edukasi tentang game petualangan bertemakan matematika yang mengambil konsep pertanian dan pertenakan serta ditambah video animasi edukasi dengan bahan ajar matematika kelas V.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game , Game Adventure, Media Pembelajaran, Matematika
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 17 May 2023 13:22
Last Modified: 17 May 2023 13:22
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item