PENGARUH GERAK U-TURN PADA BUKAAN MEDIAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN DAN JALAN SULTAN SYARIF KASIM KOTA DUMAI

WAHYUNI. R, RENI and Lisya, Mutia and Halimatussadiyah, Halimatussadiyah (2021) PENGARUH GERAK U-TURN PADA BUKAAN MEDIAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN DAN JALAN SULTAN SYARIF KASIM KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)

Abstract

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u-turn. Kendaraan saat melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, panjang antrian saat melakukan u-turn, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat u-turn dan bagaimana tingkat pelayanan pada ruas Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn di Jalan Jendral Sudirman adalah 31,75 detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 20 meter dengan waktu tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 22,99 detik dan arus tidak terganggu sebesar 19,86 detik, dengan tingkat pelayanan B dan waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn di Jalan Sultan Syarif Kasim adalah 24,10 detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 19 meter dengan waktu tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 32,87 detik dan arus tidak terganggu sebesar 20,34 detik, dengan tingkat pelayanan B.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Kapasitas, U-Turn, Waktu Tempuh
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:27
Last Modified: 09 Aug 2022 08:27
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item