PERANAN MARKETING MIX DI PABRIK KECAP AAA DUMAI

LESTARI, DIAN SUCI and Fitra, Fitra and Febrina, Wetri (2016) PERANAN MARKETING MIX DI PABRIK KECAP AAA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif, mengharuskan perusahaan untuk mampu menerapkan strategi yang dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya. Perusahaan dituntut untuk mampu menerapkan strategi pemasaran yang lebih kompetitif yang mampu menganalisis situasi, menentukan sasaran pemasaran yang tepat, seleksi dan analisis target pasar, serta mampu merancang strategi pemasaran yang dapat beradaptasi dengan dinamika bisnis. Begitu pula dengan Pabrik Kecap AAA. Pabrik Kecap AAA merupakan sebuah pabrik yang memproduksi empat macam produk yaitu kecap asin encer, kecap asin pekat, tauco dan cuka. Kecap asin pekat salah satu produk yang permintaannya cukup tinggi. Pada tahun 2016 terjadi penurunan penjualan, dimana produk yang terjual hanya sebagian dibandingkan penjualan tahun 2015. Pada Tugas Akhir ini, peneliti menganalisis permasalahan yang ada dengan menggunakan metode marketing mix yang terdiri dari 4P yaitu product, price, place, promotion. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen kecap asin pekat AAA dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 100 orang konsumen kecap asin pekat AAA. Dari keempat faktor tersebut, variabel place dan promotion yang mempengaruhi rendahnya pemasaran kecap asin pekat AAA 600 ml yang dibuktikan dengan hasil uji multikolinearitas -0.171 untuk variabel place dan 0.388 untuk variabel promotion. Sedangkan pada variabel product dan price harus dipertahankan dan ditingkatkan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji multikolinearitas untuk variabel product yaitu 3.930 dan price 2.923. Perbaikan peningkatan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan cara memperluas jaringan penjualan, memberikan pelayanan pada saat terjadi transaksi penjualan. Sedangkan untuk faktor promotion bisa melakukan promosi di swalayan ternama dengan cara menyebarkan brosur atau menempelkan pamphlet di tempat makan kemudian berkerja sama dengan cafe yang menggunakan kecap asin. Sedangkan faktor price dan product harus dipertahankan dan ditingkatkan agar menjaga penjualan kecap asin AAA terus meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: product, price, place, promotion, kecap asin pekat AAA.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 13:23
Last Modified: 24 Jun 2022 13:23
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item