ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MINIMARKET HARI-HARI MENGGUNAKAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

MULYANI, INTRI and Nugraha, Nur Budi and Sellyana, Ari (2021) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MINIMARKET HARI-HARI MENGGUNAKAN METODE COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17kB)

Abstract

Minimarket HARI-HARI merupakan salah satu usaha ritel yang mempunyai lokasi yang strategis yaitu di jalan Sultan Syarif Kasim-Kota Dumai, yang seharusnya dapat menjadikan minimarket HARI-HARI sebagai tempat berbelanja yang cukup diminati oleh konsumen. Namun dengan adanya persaingan yang terjadi antar para penjual produk atau ritel yang menimbulkan sebuah kompetisi akan strategi yang tepat untuk meraih pangsa pasar terbesar. Maka, pihak manajemen minimarket HARI-HARI juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen, hal ini patut diperhatikan karena saat ini konsumen tidak hanya berpedoman pada harga yang murah saja, tetapi juga pada kualitas pelayanan, lokasi usaha, kualitas produk yang ditawarkan, serta kerapian tata letak produk yang dilakukan dan lain sebagainya. Faktor-faktor seperti inilah yang dapat menyebabkan konsumen dapat beralih ke tempat-tempat perbelanjaan lain yang mempunyai daya tarik lebih dibandingkan minimarket HARI-HARI. Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kepuasan pelanggan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan costumer satisfaction index (CSI) berdasarkan kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga produk. Dimana CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan melihat tingkat kepentingan atribut – atribut produk / jasa, sedangkan IPA bertujuan untuk melihat atribut-atribut yang perlu untuk dilakukannya perbaikan (Action) dan juga untuk melihat atribut-atribut yang perlu dipertahankan oleh pihak perusahaan (Hold). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil pencarian CSI untuk kepuasan pelanggan berada pada tingkat Puas sebesar 0.77, serta dari proses IPA diperoleh atribut yang termasuk kedalam kategori Hold = 13 atribut dan Action = 10 atribut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, CSI, IPA
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:17
Last Modified: 03 Feb 2022 04:17
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item