PERAMALAN PENJUALAN MIE INSTAN MEREK SARIMI DI CV BAROKAH KOTA DUMAI

ARDIAN, YOGI and S, Juni and Yusrizal, Yusrizal (2016) PERAMALAN PENJUALAN MIE INSTAN MEREK SARIMI DI CV BAROKAH KOTA DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
Bab 1.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB)

Abstract

Suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penjualan atau pendistribusian produk, selalu menginginkan keberhasilan dalam aktifitasnya dimasa yang akan datang. Ini menunjukkan bahwa setiap perusahaan selalu berusaha untuk tetap dapat berkembang dalam bidang usahanya di masa depan agar perusahaan dapat meraih apa yang menjadi tujuannya. Salah satu hal yang paling penting untuk mewujudkan hal tersebut adalah memperkirakan atau meramal (forecasting) besarnya penjualan atau permintaan pelanggan akan barang atau jasa yang dihasilkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode times series dan metode analisis swot, dalam metode times series diambil data rata–rata bergerak terbobot, rata-rata bergerak tidak terbobot dan pemulusan eksponential dengan mengambil sample data penjualan produk mie instan merek sarimi pada bulan Januari sampai dengan Desember 2013 adalah 13.513 pcs dan pada bulan Januari sampai dengan Oktober 2016 adalah 20.796 pcs, dan merupakan data primer dan sekunder yang diambil pada CV Barokah Jl. Daeng Taugik, Purnama, Di kota Dumai. Dengan menguji vadilitas kepentingan bersama tingkat kinerja dengan mengambil data responden sebanyak 20 orang, dengan menyatakan produk mie instan sarimi sangat memuaskan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pemulusan eksponensial yang cocok untuk melakukan penjualan produk mie instan merek sarimi dengan nilai konstanta penjualan (α = 0,9) karena nilai tracking signal berada dalam batas–batas pengendalian serta dari perhitungan data penjualan produk mie instan merek sarimi maka dapat diramalkan pada bulan November tahun 2016 sebesar 2.125 pcs dan penjualan produk mie instan merek sarimi pada bulan Desember tahun 2016 sebesar 2.143 pcs. Disarankan berdasarkan hasil penjualan diatas diharapkan perusahaan bisa memperhatikan kebijakan–kebijakan harga terhadap produk ini agar tetap bertahan di pasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Produk, Peramalan, Metode-Metode.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2021 11:43
Last Modified: 27 Oct 2021 10:57
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item