HARIADY, HENDRA and Arif, Muhammad and Iswandi, Landra (2013) EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LISTRIK PRABAYAR BAGI PELANGGAN PT. PLN (PERSERO) RAYON DUMAI KOTA (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Rayon Dumai Kota). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.
Text
BAB I.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14kB) |
Abstract
Sistim layanan pascabayar ke prabayar akan didapat dalam kaitannya dengan peningkatan pendapatan dari pelaksanaan sistim pelayanan prabayar ini baik bagi perusahaan maupun pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian tenaga listrik pelanggan dengan sistim prabayar lebih rendah dari pelanggan pascabayar yakni penghematan terhadap pemakaian tenaga listrik rata-rata per pelanggan perbulan. Pelaksanaan sistim prabayar ini salah satunya dimaksudkan untuk merubah pola hidup atau budaya masyarakat agar dapat melakukan penghematan dalam menggunakan energi listriknya. Peningkatan pendapatan ini disebabkan karena penggunaan listrik oleh pelanggan dengan membeli voucher listrik yang tersedia. Dalam penggunaan kwh meter pascabayar biaya yang dikeluarkan rata-rata per 3 bulan Rp. 713.766 sedangkan kwh meter prabayar biaya yang dikeluarkan rata-rata Rp. 486.812 dengan selisih Rp. 226.954 per 3 bulan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan kwh meter prabayar lebih murah dibandingkan kwh meter pascabayar. Dalam penggunaan kwh meter pascabayar jumlah kwh rata-rata per 3 bulan sebanyak 710,92 kwh sedangkan kwh meter prabayar jumlah kwh rata-rata per 3 bulan sebanyak 484,87 kwh atau dengan selisih 226,05 kwh. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan kwh meter prabayar lebih murah dibandingkan kwh meter pascabayar didalam segi efisiensi ekonomi. Kwh prabayar yang telah dikeluarkan PT. PLN (PERSERO) ditinjau dari skala likert sudah efektif memenuhi harapan pelanggan dengan persentase sebesar 78,35% dan juga kwh prabayar sangat efisien dengan skala likert 80,25% (sebaran kuesioner). Penulis juga menyimpulkan bahwa PT. PLN (PERSERO) kurang melakukan sosialisasi tentang penggunaan kwh prabayar sehingga masih banyak/sebagian masyarakat belum mengetahui kelebihan dan cara pengoperasian kwh meter tersebut dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pascabayar, prabayar,Voucher, Efesiensi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 03:33 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 03:33 |
URI: | http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/309 |
Actions (login required)
View Item |