IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP PERSEDIAAN OBAT-OBATAN HERBAL BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO OBAT HERBAL AZZAHRAH)

PAMUNGKAS, ANGGA INDRIYA and Suhaidi, Mustazzihim and Desyanti, Desyanti (2016) IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI TERHADAP PERSEDIAAN OBAT-OBATAN HERBAL BERBASIS WEB (STUDI KASUS TOKO OBAT HERBAL AZZAHRAH). Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (24kB)

Abstract

Azzahrah merupakan badan usaha yang menjual obat-obatan herbal yang ada di Kota Dumai dan memiliki banyak data yang tersimpan di dalam basis datanya. Data-data yang ada belum mampu dimanfaatkan untuk mengembangkan proses bisnis agar menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perilaku bisnis yang dijalaninya sekarang ini seperti tata letak obat yang kurang strategis, jumlah obat herbal yang belum laku sampai batas expired date, dan masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi perkembangan bisnis kedepannya. Penyelesaian permasalahan ini dilakukan dengan menganalisa data obat-obatan herbal yang dijual oleh Azzahrah yaitu dengan cara menggali informasi tentang keterkaitan antar obat yang dibeli konsumen disetiap transaksi menggunakan data mining. Karena dengan mengetahui keterkaitan obat yang sering dibeli oleh konsumen, pihak Azzahrah bisa mengurangi maupun menambah stok obat di gudang terhadap obat-obat yang kurang maupun paling diminati oleh konsumen. Data mining sendiri memiliki banyak algoritma yang biasa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun pada permasalahan ini, algoritma yang paling sesuai untuk digunakan adalah algoritma apriori karena memang algoritma apriori dirancang untuk mengetahui keterkaitan antar item dalam setiap keranjang belanjaan. Setelah dilakukan analisis data menggunakan algoritma apriori yang menghasilkan keterkaitan antar obat yang sering dibeli oleh konsumen yaitu Madu As Syifa dan Madu Syamil dan menghasilkan aturan asosiasi yang baru yaitu jika membeli Madu As Syifa maka membeli Madu Syamil maka pihak Azzahrah bisa melakukan perbaikan terhadap stok obat-obatan herbal pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:13
Last Modified: 28 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item