KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RM. PRATOMO BAGANSIAPIAPI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN

HARTIKA, SYAFRILLIA DEWI and Mahmud, Soni Fajar and Arif, Muhammad (2016) KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. RM. PRATOMO BAGANSIAPIAPI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB 1.xml - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB)

Abstract

RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi yang bekerjasama dengan pihak BPJS kesehatan berkewajiban melayani pasien peserta BPJS kesehatan sesuai dengan ketentuan kerjasama antara RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi dengan pihak BPJS kesehatan. Berdasarkan hasil survey penulis di RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi, pihak RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi telah melayani sekitar 2.370 pasien BPJS yang terdiri dari kelas I, kelas II, dan kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi terhadap pasien peserta BPJS kesehatan dan untuk mengetahui apa saja penyebab ketidakpuasan pasien peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan di RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi terhadap pasien BPJS kesehatan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA). Metode IPA digunakan untuk mengetahui persepsi pasien BPJS terhadap pelayanan rumah sakit. Berdasarkan 18 variabel pertanyaan metode IPA, terdapat 5 atribut yang berada pada kuadran I, atribut yang paling utama untuk dilakukan perbaikan yaitu kelengkapan dokter spesialis yang ada dengan tingkat kesesuaian 48,97%. Untuk kelas II terdapat 4 atribut yang berada pada kuadran I, atribut yang paling utama untuk dilakukan perbaikan yaitu ketepatan dan kecepatan prosedur penerimaan pasien BPJS dengan tingkat kesesuaian 65,84%. Sedangkan untuk kelas III terdapat 2 atribut yang berada pada kuadran I, atribut yang paling utama untuk dilakukan perbaikan yaitu ketersediaan peralatan/perlengkapan medis dan non medis dengan tingkat kesesuaian 63,17%. Kualitas pelayanan di RSUD Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi jika dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk kelas I dan kelas II dirasakan sudah cukup memuaskan, sedangkan untuk pasien kelas III dirasakan sudah sepenuhnya sesuai dengan kepentingan atau harapan pasien. Faktor-faktor penyebab ketidakpuasan pasien BPJS jika dinilai menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk kelas I adalah dokter spesialis yang tidak lengkap, untuk kelas II adalah prosedur penerimaan pasien BPJS yang tidak tepat dan lambat, sedangkan untuk kelas III adalah kurang tersedianya peralatan/perlengkapan medis dan non medis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Kualitas Pelayanan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:21
Last Modified: 20 Oct 2020 03:21
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item