PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI PERTAMINA HOSPITAL DUMAI

FAJARIYANTI, ANNISA and Suarlin, Jhon and Yusrizal, Yusrizal (2017) PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PASIEN RAWAT JALAN DI PERTAMINA HOSPITAL DUMAI. Other thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26kB)
[img] Text
5 DAFTAR PUSTAKA.docx - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB)

Abstract

Pertamina Hospital Dumai merupakan salah satu rumah sakit milik BUMN Dumai yang bermodel RSU dikelola oleh Pertamina (Persero) RU II Dumai. Rumah Sakit ini memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas dan juga menampung pelayanan rujukan dari puskesmas dengan banyaknya keluhan dari pasien terhadap kualitas pelayanan yang menyebabkan menurunnya jumlah pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap pasien poli gigi, poli internis, poli umum di Pertamina Hospital Dumai. Dan untuk membantu pihak Rumah Sakit dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan 25 atribut dari hasil penyebaran 332 kuesioner untuk ketiga poli. Hasil dari penelitian ini adalah nilai servqual tingkat kenyataan lebih rendah dibandingkan tingkat harapan dari hasil minus yang terbesar dilima dimensi servqual pada masingmasing poli. Pada poli gigi minus yang terbesar terdapat di dimensi tangibles yaitu -0.23. Pada poli internis terdapat didimensi Reliability yaitu -0.27. dan pada poli umum terdapat didimensi Responsiveness yaitu -0.95. Hasil dari setiap dimensi service quality membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Pertamina Hospital Dumai kurang memuaskan. Hal ini berarti yang harus ditingkatkan kembali kualitas pelayanan kepada pasien secara konsisten dan optimal bagi keberlangsungan pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit, Service Quality (servqual), Tingkat Pelayanan,
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Unnamed user with email merinapratiwi@mail-sttdumai.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:19
Last Modified: 25 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.sttdumai.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item